Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

12 Jenis Interior Design Paling Populer Didunia + Tips
design rumah, interior design, Rumah

12 Jenis Interior Design Paling Populer Didunia + Tips 

Interior Design – Ketika akan membangun rumah, salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah dari gaya rumah tersebut. Konsep atau tema rumah merupakan gaya yang akan digunakan untuk menata rumah yang bisa disesuaikan dengan selera. Hal tersebut perlu untuk diperhitungkan karena rumah akan menjadi tempat tinggal yang bisa memberikan kenyamanan dan juga bisa menunjukan kepribadian dari pemiliknya. Oleh karena itulah ketika akan menata rumah juga bisa dari gaya interior design yang disukai atau sesuai dengan selera pemiliknya. Bagi Anda yang akan membangun rumah, di bawah ini adalah 12 desain interior yang paling populer dan umum digunakan untuk rumah.

12 Jenis Interior Design yang paling terkenal di Dunia

Anda bisa memilih desain interior yang sesuai dengan kepribadian dan gaya dengan tampilan yang disukai seperti berikut ini:

1. Desain interior skandinavia

interior design

Pilihan interior design yang pertama adalah yang berasal dari negara-negara skandinavia. Negara ini berada di Eropa Utara yang mempunyai suhu yang dingin, sehingga untuk konsep utama dari rumah gaya ini adalah dapat memberikan kehangatan di dalam rumah. Desain interior gaya ini mempunyai ciri khas yaitu dapat memberikan rumah dengan kesan yang bersih dan juga alami. Rumah ini mempunyai keramik warna putih dan umumnya menggunakan furniture dengan bahan kayu. Selain itu untuk di dalam rumah juga tidak menggunakan banyak dekorasi.

2. Desain interior modern

interior design modern

Pilihan interior design selanjutnya adalah rumah modern yang terkenal dengan konsepnya yang minimalis. rumah ini mempunyai jenis konsep yang banyak digunakan oleh masyarakat modern karena sesuai dengan selera orang jaman sekarang. Rumah gaya ini akan memberikan kesan yang modern dan bisa digunakan untuk konsep yang ada di perumahan dan apartemen.

Untuk rumah ini mempunyai konsep yang dapat menghasilkan tampilan rumah modern dengan menggunakan material besi dan juga kaca. Sehingga akan menciptakan nuansa rumah yang modern dan mengkilap. Pada umumnya untuk gaya rumah ini disebut mirip dengan gaya rumah minimalis, tetapi tentunya juga mempunyai perbedaan yang diketahui baik dari penggunaan furniture dan desain rumah secara keseluruhan.

3. Desain interior tradisional

interior design traditional

Pilihan untuk interior design rumah selanjutnya adalah yang menggunakan konsep rumah tradisional. Bagi Anda yang suka dengan konsep ini bisa memilih antara rumah tradisional yang menggunakan gaya Eropa atau rumah tradisional atau rumah adat yang berasal dari Indonesia. Keduanya mempunyai ciri khas sendiri misalnya untuk rumah gaya Eropa biasanya banyak menggunakan elemen kayu. Anda bisa dengan mudah menemukan rumah tradisional di Eropa dan Amerika yang menggunakan bahan kayu untuk dekorasi dan furniture yang digunakan. Hal tersebut juga sama dengan rumah adat yang berasal dari Indonesia yang kebanyakan menggunakan bahan kayu.

4. Desain interior vintage

interior design vintage

Desain rumah selanjutnya yang bisa dipilih adalah rumah dengan gaya vintage. Rumah ini akan memberikan kesan yang halus, cantik, dan juga manis. Untuk rumah gaya vintage ini mempunyai motif yang lembut seperti bunga-bunga yang ada pada bantal, sofa, dan juga dinding. Selain itu rumah vintage juga mempunyai pilihan warna yang manis seperti kuning muda, pastel, abu muda, hijau muda, dan juga putih. Tampilan vintage ini juga mempunyai ciri dengan banyak menggunakan material kayu dengan warna yang terkelupas untuk memberikan kesan vintage atau jadul.

5. Desain interior bohemian

Gaya desain rumah selanjutnya adalah yang bisa digunakan untuk pecinta gaya bohemian. Aliran bohemian selalu diidentikkan dengan orang yang suka dengan kebebasan. Selain itu gaya bohemian juga terkenal dengan gaya yang sangat chic dan menarik. Boho atau bohemian juga merupakan desain rumah yang populer untuk digunakan. Dimana untuk gaya ini mempunyai ciri khas dengan menggunakan karpet dan juga kain-kain mandala yang mempunyai motif menarik.

6. Desain interior kontemporer

interior design kontemporer

Pilihan interior design selanjutnya adalah rumah dengan gaya kontemporer. Dimana maksudnya adalah rumah ini mempunyai gaya desain yang dapat mewakili gaya sedang hits atau masa kini. Sehingga tentu saja untuk rumah ini mempunyai gaya yang berubah seiring dengan gaya yang populer. Untuk dasar dari desain interior rumah kontemporer adalah mempunyai garis ramping dan kontras. Selain itu rumah ini juga mempunyai fokus pencahayaan pada aksen dinding yang dipunyai.

7. Desain interior industrial

interior design industrial

Desain rumah selanjutnya yang populer dan bisa dipilih adalah desain rumah dengan gaya industrial. Gaya ini menunjukan rumah seperti industri sehingga untuk bahan utama dari gaya ini adalah besi. Bahan tersebut bisa dilihat dari furnitur yang digunakan dan juga mempunyai identik dengan lantai beton serta langit baja. Rumah ini mempunyai pilihan warna hitam dan juga abu yang paling sering digunakan dan juga dekat dengan bahan material yang digunakan untuk rumah ini yaitu bahan metal dan besi.

8. Desain interior minimalis

Interior design lainnya yang bisa dipilih untuk rumah impian adalah populer adalah rumah minimalis. Rumah ini mempunyai ciri dengan pencahayaan yang maksimal sehingga mempunyai bagian rumah dengan jendela yang besar. Selain itu untuk rumah ini juga terkenal dengan menggunakan warna rumah yang sederhana dan minimal yaitu warna putih, abu, dan hitam. Warna tersebut merupakan warna netral karena memang tidak ada yang bisa ditonjolkan dari gaya rumah ini yang mengutamakan kesederhanaan.

9. Desain interior transisi

interior design transition

Interior design selanjutnya yang dapat dipilih adalah rumah transisi. Gaya ini bisa dipilih bagi Anda yang suka gaya tradisional dan modern sehingga bisa memilih desain interior transisi. Gaya ini memadukan gaya tradisional dan modern sehingga untuk elemen yang digunakan untuk percampuran antara keduanya seperti menggunakan furniture bahan kaca dan besi, warna netral, dan mempunyai desain interior dengan menciptakan kehangatan dalam rumah.

10. Desain interior rumah nautical

interior design nauctical

Gaya rumah selanjutnya yang paling populer dan bisa dipilih untuk konsep dalam rumah adalah rumah nautical. Interior design rumah ini mempunyai interior yang identik dengan suasana di pantai atau laut. Sehingga untuk warna rumah ini juga didominasi warna biru dan putih. Rumah ini mempunyai dekorasi motif garis dan bisa digunakan untuk rumah dekat pantai.

11. Desain rumah rustic

interior design rustic

Pilihan selanjutnya adalah interior design rumah rustic yang mempunyai ciri khas dengan elemen kayu yang digunakan. Rumah ini juga mempunyai jenis bangunan yang dengan mudah dilihat dengan elemen kayu yang digunakan pada langit-langit, furniture, dan juga lantainya. Elemen kayu tersebut mempunyai manfaat memberikan kesan yang hangat.

11. Desain rumah victorian

interior design victorian

Interior design yang terakhir pada rumah adalah yang menggunakan gaya victorian. Gaya ini merupakan konsep rumah yang berasal dari Eropa yang mempunyai kesan yang menimbulkan bangunan mewah dan megah. Untuk warna yang digunakan adalah emas dan putih gading dan terkenal dengan menggunakan ukiran rumit dan banyak lekukan untuk furniture di dalamnya.


Beberapa Tips Design Interior untuk Rumah Minimalis yang Bisa Dilakukan

Rumah minimalis dengan luas lahan yang terbatas merupakan bentuk rumah yang kini banyak diminati oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah ibu kota. Harga rumah yang lebih terjangkau, serta banyaknya penawaran dari berbagai pengembang property, menjadikan masyarakat lebih memilih model rumah minimalis sebagai hunian mereka. Design standar dari rumah minimalis yang banyak disediakan oleh pengembang property, biasanya akan banyak diubah oleh para pemilik rumah sesuai dengan selera yang mereka miliki. Bagi Anda yang memang ingin melakukan perubahan design pada rumah minimalis yang Anda miliki,

Rekomendasi Design Interior untuk rumah minimalis

berikut ini beberapa rekomendasi design interior untuk rumah minimalis, yang mungkin dapat Anda gunakan:

1. Foyer

design interior foyer

Foyer merupakan sebuah bentuk lobby dalam rumah yang memiliki ukuran kecil, dimana lobby ini memiliki fungsi sebagai pembatas antara teras dan ruang tamu. Penerapan foyer dalam sebuah rumah minimalis, dapat memberikan kesan yang lebih luas pada bagian dalam rumah. Untuk desain interior ruang pembatas teras dan ruang tamu ini, sebaiknya Anda berikan aksen kayu sederhana dan tidak berlebihan untuk mengeluarkan kesan natural di dalamnya.

2. Ruang Tamu

design interior ruang tamu

Bagi Anda para pemilik rumah dengan model minimalis, akan lebih disarankan bagi Anda untuk menghadirkan design interior sederhana pada ruang tamu dalam rumah. Penempatan jendela dengan ukuran yang besar akan lebih disarankan, untuk membuat tampilan dalam rumah Anda terkesan lebih luas. Penempatan langit-langit ruang tamu pun sebaiknya Anda buat lebih tinggi, agar kesan luas pada ruangan tersebut dapat dengan mudah ditemukan ketika Anda dan tamu memasuki ruang tersebut.

3. Teras

design interior teras

Bagian terdepan dari sebuah rumah ini, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian banyak kalangan terhadap rumah itu sendiri. Untuk model rumah minimalis, Anda dapat mengaplikasikan model teras memanjang ke samping, untuk memberikan kesan luas pada bagian depan rumah. Penempatan kolam ikan atau pun taman kecil pada sisi depan ataupun samping teras, akan lebih disarankan untuk memberikan kesan asri dan natural pada desain rumah minimalis yang Anda miliki tersebut.

4. Ruang Keluarga

Ruangan khusus untuk keluarga ini merupakan ruangan yang pada umumnya lebih banyak digunakan dibanding dengan ruangan lain dalam rumah Anda. Untuk jenis rumah dengan desain minimalis, penempatan furniture dengan model foldable akan lebih disarankan untuk diaplikasikan pada ruang keluarga ini. Selain untuk memberikan kesan yang lebih luas, karena furniture dapat dikemas, penempatan furniture dengan model foldable ini juga memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan ruang keluarga ini sebagai ruangan multifungsi seperti ruang bermain ataupun belajar untuk anak. Dengan design interior model inilah luas lahan yang terbatas, dapat diakali dengan mudah.

5. Kamar Tidur

dekorasi kamar tidur mezzanie

Bagian dalam rumah yang biasanya menjadi tujuan utama bagi para penghuni rumah, ketika berada di rumah ini, dapat Anda hadirkan dengan design interior yang sederhana dan tidak terlalu banyak aksen sehingga dapat menumbuhkan tingkat kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Penempatan furniture dengan design minimalis, serta warna yang disesuaikan dengan tema kamar, akan menjadikan kesan kamar tidur Anda menjadi lebih luas. Pemilihan warna pada cat dinding kamar tidur sebaiknya Anda pilih yang tidak terlalu mencolok dan dapat memberikan kesan tenang, sehingga istirahat pun dapat terjaga dengan baik.

6. Kamar Mandi

kamar mandi minimalis monokrom

Ruangan yang satu ini biasanya akan ditempatkan berdekatan dengan kamar tidur, jika memang luas lahan dalam model minimalis sangat terbatas. Untuk dapat memperoleh kesan kamar mandi yang luas, pemilihan bahan pembuatan kamar mandi memiliki peran utama di dalamnya. Sebaiknya pilih bahan dengan kesan yang terang agar kesan luas dan bersih dapat dengan mudah diperoleh. Selain itu Anda dapat menghilangkan bak mandi dan menggantinya dengan ember besar ataupun penampung lain yang tidak terlalu lebar namun dapat menampung banyak air di dalamnya. Penggunaan shower juga dapat menjadi alternatif lain untuk dapat memberikan kesan luas pada kamar mandi dalam design interior rumah minimalis yang Anda miliki.

7. Dapur dan Ruang Makan

kitchen set dapur kayu jati

Untuk design interior pada bagian ini, Anda dapat menggabungkan antara dapur dan ruang makan secara langsung, tanpa memberikan batasan agar kesan luas dan terang dapat diperoleh. Sebaiknya buat design dapur minimalis bersih dengan berbagai peralatan dapur yang ditata dalam kitchen set sederhana dan berukuran tidak terlalu besar. Untuk meja makan sendiri, pilihlah meja sesuai dengan ukuran ruang makan yang ada, dengan lebar yang tidak melebihi setengah dari ukuran ruang yang memang tersedia. Dengan furniture yang memang tertata dengan rapi, kesan ruang makan yang bersih pun dapat dengan mudah diperoleh.

8. Kamar Tidur Anak

kamar tidur anak 7

Untuk dapat menciptakan kamar tidur yang aman dan nyaman bagi anak, lebih disarankan bagi Anda untuk memilih berbagai jenis furniture yang terbuat dari bahan kayu solid dengan jenis finishing yang menggunakan bahan non toxic. Pilih pula furniture yang memang sesuai untuk usia putra putri Anda, dengan dwain foldable sehingga setiap space yang ada dalam ruangan dapat dimanfaatkan oleh anak dengan aman. Furniture dengan model sudut yang tumpul akan lebih disarankan untuk menghindarkan anak pada luka tergores pada ujung furniture. Design interior pada kamar anak ini terutama pada bagian dinding dapat Anda tempatkan berbagai gambar ataupun aksen lainnya untuk memberikan kesan ceria di dalamnya.

9. Ruang Kerja

Ruangan ini merupakan bagian utama yang harus diperhatikan design interior di dalamnya, mengingat ruangan ini memiliki fungsi yang cukup signifikan untuk menciptakan kenyamanan dan ketahanan kerja bagi para penggunanya. Tempatkan furniture yang memang dapat mengakomodir kebutuhan kerja Anda, namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar mengingat keterbatasan lahan pada rumah minimalis. Pilihan warna ruangan yang dapat memberikan kesan tenang dan memberikan kesejukan, agar nantinya inspirasi kerja dapat dengan mudah Anda dapatkan.

10 Taman kecil dalam ruangan

Taman yang Anda ciptakan dalam ruangan rumah minimalis, meskipun berukuran kecil akan dapat menghilangkan kesan menjenuhkan di dalam rumah Anda. Penempatan taman ini dapat Anda aplikasikan pada sudut ruang tamu ataupun ruang keluarga, yang memang hanya terpampang banyak tembok di dalamnya. Taman kecil dengan aksen gemericik air dapat memberikan kesan yang sejuk pada ruangan dalam rumah Anda.

Mengingat rumah merupakan tempat untuk berbagai hal dengan keluarga serta tempat untuk menghabiskan sebagian besar waktu yang kita miliki, maka menata design interior dalam rumah dengan tatanan yang indah dan menarik akan lebih disarankan. Pastikan Anda telah memiliki rancang design dari setiap ruangan yang ada untuk dapat menghadirkan kesan yang harmonis dan serasi dari satu ruang dengan ruang yang lainnya. Sekecil apapun lahan rumah yang kita miliki, jika penataannya dapat kita atur dengan baik, maka kesan lebar dan nyaman pun dapat dengan mudah kita dapatkan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *