Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Berikut Informasi Lengkap Seputar Harga Besi 10 yang Perlu Diketahui
Bahan Bangunan, Besi Beton

Berikut Informasi Lengkap Seputar Harga Besi 10 yang Perlu Diketahui 

Yang namanya bangunan dari berbagai macam bentuknya, mulai dari rumah, toko sampai dengan jembatan sekaligus sudah pasti membutuhkan yang namanya besi. Dan kita juga tahu bahwa besi merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bangunan mengingat fungsinya yang sangat penting dan fatal besi tidak lengkap dalam sebuah bangunan. Jenis besi yang digunakan untuk proses konstruksi ada banyak sekali jenisnya. Disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pembangunan tersebut. Salah satu jenis besi yang memiliki fungsi sangat penting adalah besi 10. Akan diulas Roomahid tentang besi 10 dan harga besi 10. Untuk informasi besi beton lainnya Anda dapat membacanya di harga besi 8 dan harga besi 12

Pengertian singkat

Besi memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah bangunan atau konstruksi. Dan bangunan yang kuat dan kokoh salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dari sisi besi yang digunakan untuk membuat rangka bangunan tersebut. Biasanya dalam sebuah bangunan rumah pada umumnya memang kebanyakan menggunakan besi rangka atau bisa disebut juga dengan besi beton. Satu hal yang perlu menjadi perhatian Anda apabila ingin membeli besi yang digunakan untuk bahan konstruksi atau bangunan yakni dalam memilih besi tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena cukup membingungkan. Ditambah lagi apabila kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai harga besi yang kita butuhkan.

Perbedaan dengan besi lain dan fungsinya     

Dalam dunia konstruksi yang namanya besi ada banyak sekali jenisnya dan memiliki fungsi yang sangat berbeda-beda. Salah satunya adalah besi 10 yang tentunya akan sangat berbeda sekali dengan jenis besi yang lain. Mulai dari fungsi sampai dengan pengertiannya. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai perbedaan besi ukuran 10 dengan besi lain dan serta penjelasan dari berbagai macam besi yang disesuaikan dengan jenis yang bisa dijadikan patokan dan panduan sebelum membeli besi:

Besi beton

Merupakan salah satu jenis besi yang biasa digunakan untuk proses konstruksi yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Seperti contohnya adalah biasanya besi jenis ini banyak digunakan untuk membuat rumah dengan ukuran yang minimalis. Biasanya besi ini memiliki fungsi yang cukup penting yakni digunakan untuk tulang atau rangka tambahan dalam sebuah proyek konstruksi. Dan untuk jenisnya sendiri juga sudah sangat bervariatif dan memiliki harga yang sangat berbeda-beda. Jadi Anda bisa menyesuaikan harga besi 10 sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Besi siku

Disesuaikan dengan namanya, bahwa besi jenis ini merupakan salah satu dari jenis besi beton yang memiliki bentuk siku pada bagian sisinya. Atau setara dengan ukuran 90 derajat atau presisi. Biasanya jenis besi ini digunakan untuk beberapa jenis konstruksi dalam pembuatan kerangka tangga, rak besi atau juga bisa digunakan untuk membuat kerangka pintu. Selain itu, juga biasa digunakan untuk berbagai macam jenis konstruksi yang memang memiliki rangka dengan wujud siku.

Pipa besi

Merupakan salah satu jenis besi yang paling banyak digunakan untuk proses konstruksi. Selain itu juga termasuk dalam salah satu besi yang biasa dijumpai dalam toko bangunan. Jenis besi ini secara umum memang biasa dibuat dengan menggunakan bahan baja. Akan tetapi terkadang juga ada jenis besi ini yang terbuat separuh dari baja. Namun demikian, banyak masyarakat yang menyebutnya dengan pipa besi. Biasanya besi jenis ini memiliki bentuk silinder dan juga panjang yang sangat beragam. Maka dari itu, biasanya besi ini memiliki fungsi yang sangat penting yakni digunakan sebagai penyalur bahan-bahan tambang cair.

Besi Hollow

Besi ini memiliki bentuk yang sangat unik yakni menyerupai pipa kotak. Karena bentuknya yang kotak tersebut maka tidak heran apabila besi ini banyak digunakan dan memiliki fungsi untuk bangunan konstruksi seperti plafon atau bisa juga digunakan untuk frame rangka pada dinding anti rayap. Besi ini memiliki kelebihan yang cukup baik, yakni bisa tahan hama dan juga tahan api. Maka dari itu, banyak masyarakat yang menggunakan besi jenis ini untuk membuat rangka kanopi atau bisa juga untuk membuat pagar rumah atau balkon.

Di atas adalah beberapa perbedaan mengenai berbagai macam jenis besi dan beberapa fungsinya. Jadi kesimpulannya adalah besi 10 merupakan salah satu besi yang lebih dikenal dengan sebutan beton bertulang atau biasa juga disebut besi tulang beton. Secara umum besi ini memang memiliki fungsi yang sangat khusus yakni digunakan sebagai alat atau penulangan dalam sebuah konstruksi beton yang ada pada sebuah bangunan. Besi jenis ini diketahui memiliki sifat yakni seperti bisa tahan terhadap getaran. Tidak hanya itu saja, besi jenis ini juga bisa tahan gempa dan tidak mudah termakan karat.

Baca Juga: Mengenal Paku Beton Lebih Dalam Beserta Jenis-jenis Ukurannya 

Kelebihan

Bila didasarkan lewat acuan seperti di atas, maka bisa disebutkan bahwa besi 10 memiliki banyak sekali kelebihan yang menjadikan besi ini banyak dipilih oleh masyarakat. Akan tetapi dibalik kelebihan tersebut sudah barang pasti bahwa benda ini juga memiliki kekurangan yang wajib diketahui. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa kelebihan besi beton:

  • Struktur yang sangat kokoh. Selain itu, besi ini juga memiliki kekuatan tekanan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan beberapa material konstruksi yang lain.
  • Besi ini juga memiliki tingkat ketahanan yang cukup luar biasa. Besi ini sangat awet karena adanya proses pemadatan yang terbentuk dari semen yang semakin lama akan semakin kuat dan membantu.
  • Memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap api dan juga air. Besi ini apabila terkena air tidak akan mudah berkarat dan bila terkena api hanya struktur penutup betonnya saja yang akan rusak pada bagian permukaannya.
  • Mampu untuk dibentuk dalam berbagai jenis yakni seperti bentuk balok, kolom, pelat dan atau bisa juga dibentuk kubah yang kemudian disesuaikan dengan fungsinya. Besi jenis ini juga tidak memiliki biaya perawatan dan pemeliharaan meskipun ada tetapi jumlahnya tidak lebih banyak dan tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Kekurangan

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh besi 10, sudah pasti besi ini juga ada kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

  • Besi jenis ini memiliki lama waktu pengerjaan yang cukup panjang.
  • Memiliki daya kuat tarik yang cukup rendah. Dengan begitu apabila ingin menggunakan besi ini maka perlu ditambah dengan tulangan tarik.
  • Sangat banyak biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan bekisting yakni antara bagian sepertiga dan bagian seperdua dari biaya untuk struktur beton.
  • Kualitasnya sangat bervariasi jadi bila tidak hati-hati bisa mendapatkan besi dengan kualitas yang buruk.

Di atas penjelasan yang cukup rinci mengenai apa itu besi 10 dan juga fungsi serta kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh besi tersebut. Lalu yang menjadi penasaran adalah sebenarnya berapa harga besi 10 jika mengingat jenis yang berbeda, fungsi yang dimiliki dan kelebihan yang dimiliki cukup banyak. Sedikit informasi bahwa besi ini dijual berdasarkan jenisnya. Contohnya adalah jenis besi beton 10 SRB SNI dengan ukuran 9,1 mm dijual dengan harga Rp. 57.600,.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *