Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Kegunaan, Kelebihan, dan Kekurangan Genteng Aspal
Bahan Bangunan, Genteng

Mengenal Kegunaan, Kelebihan, dan Kekurangan Genteng Aspal 

Genteng merupakan penutup rumah yang mempunyai banyak sekali jenis di pasaran yang dapat dipilih. Anda bisa memilih penutup bangunan tersebut sesuai dengan desain yang diinginkan dan juga kelebihan yang ditawarkan. Beberapa jenis genteng yang ada di pasaran adalah dari bahan tanah liat yang merupakan jenis paling umum dan digunakan banyak rumah di Indonesia. Selain itu ada juga genteng dari asbes, genteng kaca dari bahan kaca, genteng keramik, genteng metal, genteng beton, genteng bahan kayu, genteng bahan seng atau genteng seng dan terakhir adalah genteng aspal. Pada artikel kali ini akan membahas dengan lengkap mengenai genteng terbaru yaitu genteng aspal.

Pengertian

Genteng aspal merupakan jenis genteng yang tidak seperti namanya adalah genteng terbuat dari bahan aspal. Akan tetapi genteng jenis ini menggunakan beberapa bahan dan tidak 100 persen aspal. Melainkan untuk bahan genteng ini adalah berasal dari bubuk kertas, resin, dan juga serat organic. Genteng ini merupakan jenis genteng terbaik karena mempunyai banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari jenis genteng lainnya. Genteng ini juga merupakan genteng yang kian populer belakang ini karena menawarkan banyak keunggulan. Dapat dipastikan genteng jenis ini menggunakan material yang sangat baik.

Asal Genteng Aspal

Genteng merupakan produk yang digunakan untuk penutup rumah dan bangunan. Dimana ketika di Indonesia sendiri sudah digunakan pada jaman Belanda yang digunakan untuk membuat penutup rumah. Sehingga pemerintah kolonial memerintahkan beberapa daerah yang mempunyai tanah liat terbaik untuk dapat membuat genteng yang paling umum digunakan. Sedangkan untuk genteng jenis aspal ini merupakan genteng inovasi terbaru yang sekarang ini digencarkan untuk digunakan karena keunggulan yang ditawarkan. Genteng jenis ini sendiri merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan terbuat dari bahan metal dan plastik.

Genteng ini merupakan jenis yang berasal dari negara adidaya Amerika Serikat dan diproduksi sekitar tahun 1800an. Walaupun sudah lama digunakan di Amerika Serikat, genteng jenis ini sendiri baru-baru ini digunakan di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan perusahaan yang fokus untuk memproduksi dan menghasilkan genteng ini untuk pasar Indonesia. Dengan berbagai kelebihannya, diharapkan genteng jenis aspal ini dapat menjadi pilihan genteng oleh masyarakat di Indonesia.

Kegunaan Genteng Aspal

Genteng Aspal

Genteng jenis aspal ini mempunyai banyak kegunaan yang dapat dimiliki. Seperti misalnya beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Kegunaan pertama adalah dapat dijadikan sebagai atap untuk rumah pribadi sehingga mempunyai dan menerima keunggulan yang dipunyai oleh jenis genteng ini.
  • Kegunaan selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai genteng untuk hotel, resort, dan juga tempat menginap lainnya.
  • Kegunaan lainnya adalah genteng ini dapat dijadikan sebagai rangka atap bagi berbagai jenis atap baik yang terbuat dari kayu, beton, dan juga dari baja ringan.

Baca Juga: Mengenal Genteng Glazur, Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya

Keunggulan Genteng Aspal

Genteng jenis ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang ditawarkan. Sebagai genteng dengan material mutakhir dan terbaru, maka tidak heran apabila jenis genteng ini mempunyai banyak kelebihan yang bisa dinikmati oleh konsumen dan pengguna genteng untuk bangunan. Adapun untuk beberapa keunggulan yang ditawarkan genteng jenis ini adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai usia yang panjang

Keunggulan utama mengapa bisa memilih genteng jenis aspal ini adalah karena bisa memberikan usia yang panjang. Genteng ini mempunyai lapisan aspal yang merupakan material terbaik dan dapat meningkatkan daya tahan penggunaannya. Sehingga apabila menggunakan jenis genteng ini akan bisa bertahan lama hingga puluhan tahun. Dari keunggulan yang bisa mempunyai usia panjang tersebut tidak heran apabila produsen genteng jenis aspal ini memberikan garansi yang panjang hingga 30 tahun.

2. Bobotnya rendah

Keunggulan selanjutnya yang dipunyai oleh genteng jenis aspal ini adalah mempunyai bobot rendah. Ketika memilih genteng yang mempunyai bobot rendah, maka hal tersebut akan mempunyai keunggulan dengan mudah untuk diangkat ketika akan dipasang. Bobot genteng yang rendah tersebut karena bahan dasar yang digunakan untuk genteng jenis ini. Walaupun mempunyai bahan dasar dari aspal, akan tetapi jenis genteng ini juga mempunyai bahan campuran lainnya sehingga hal tersebut membuat genteng ini tetap mempunyai bobot rendah.

3. Desain yang menarik dan variatif

Keunggulan selanjutnya ketika akan memilih genteng adalah dari desainnya yang akan dipilih. Genteng jenis aspal ini mempunyai keunggulan karena menawarkan desain yang menarik dan variatif. Genteng ini mempunyai ragam desain yang variatif dengan model yang dapat disesuaikan dengan desain rumah yang dipunyai. Sehingga dengan banyaknya desain tersebut bisa disesuaikan dengan tampilan rumah yang diinginkan.

4. Proses instalasi yang mudah

Keuntungan selanjutnya mengapa bisa memilih genteng ini adalah karena mempunyai proses instalasi yang mudah. Genteng jenis aspal ini mempunyai keunggulan karena dapat menawarkan proses instalasi atau pemasangan yang lebih mudah. Kemudahan proses pemasangan tersebut tentunya juga akan mempunyai keunggulan lainnya yaitu mempunyai proses pemasangan yang lebih cepat. Sehingga hal tersebut membuat pemasangan yang lebih efektif dan juga cepat apabila memilih jenis genteng yang satu ini.

5. Mempunyai banyak fitur terbaik

Keunggulan terakhir adalah dari fitur terlengkap dan terbaik yang bisa diberikan ketika menggunakan genteng jenis ini. Fitur pertama adalah genteng jenis aspal ini mempunyai keunggulan dapat menjadi peredam suara yang baik. Dengan kemampuan tersebut maka akan dapat menghalau suara dari luar lebih baik bagi penghuni rumah yang tidak suka dengan suara berisik seperti rintik hujan ketika sedang hujan deras. Fitur lainnya adalah mempunyai kualitas genteng yang baik karena anti korosi. Genteng jenis ini rawat rusak yang disebabkan korosi karena sudah mempunyai material yang anti korosi. Keunggulan terakhir adalah genteng jenis aspal ini merupakan genteng yang tahan api, rayap, dan juga jamur. Sehingga hal tersebut membuat genteng ini mempunyai daya tahan tinggi.

Kekurangan Genteng Aspal

Genteng Aspal

Selain mempunyai banyak keunggulan seperti di atas, akan tetapi genteng yang mempunyai bahan dari aspal dan campuran lainnya ini juga mempunyai kekurangan yang dimiliki. Sehingga kekurangan tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika akan memilih dan mendapatkan genteng terbaik. Adapun untuk kekurangan dari genteng jenis ini adalah:

  • Kekurangan pertama yang dipunyai oleh genteng jenis ini adalah dari harganya yang mahal. Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh genteng ini, tidak mengherankan apabila genteng ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan jenis genteng lainnya. Dimana untuk harga permeternya bisa mencapai 100 hingga 150 ribuan.
  • Kekurangan selanjutnya adalah membutuhkan tukang khusus untuk memasang genteng ini sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Genteng jenis ini perlu untuk dilandasi terlebih dahulu sebelum akan dipasang. Hal tersebut bermanfaat untuk dapat membuat struktur genteng lebih kuat.
  • Genteng jenis ini mempunyai perawatan yang lebih sulit karena membutuhkan tukang rawat khusus.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *