Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Jangan Khawatir, Ini Cara Mensiasati Desain Kamar Tidur Sempit
Kamar Tidur

Jangan Khawatir, Ini Cara Mensiasati Desain Kamar Tidur Sempit 

Untuk bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman, memiliki kamar tidur pribadi sudah seharusnya ada pada suatu hunian. Kenyamanan dalam kamar tidur ini tak jarang cukup terganggu karena memiliki kamar berukuran sempit. Sehingga ketika memasuki kamar, suasana sumpek dan tidak nyaman sering menghinggapi. Jika kondisi kamar Anda saat ini juga demikian halnya, maka ada baiknya Anda menata ulang desain kamar tidur sempit dengan konsep minimalis.

Konsep atau gaya minimalis memang cukup banyak diminati oleh banyak orang saat ini karena beberapa keunggulan dan kesederhanaan yang mampu diciptakan. Jika Anda akan menata desain kamar tidur sempit Anda dengan konsep minimalis, maka bisa menciptakan kesan sederhana, bersih, lebih luas, dan juga lebih modern. Cukup dengan menggunakan beberapa furniture yang sesuai dengan memperhatikan ukuran dan garis-garis tegas, tidak akan sulit untuk menerapkan konsep minimalis ini pada kamar tidur Anda.

Untuk mengatur desain kamar tidur sempit terbilang tidak begitu susah. Anda hanya perlu mensiasati bagian-bagian yang dirasa menyebabkan kamar terkesan sempit dan sumpek menggunakan pemilihan warna, furniture, dan elemen-elemen lain dengan tepat. Untuk panduannya Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Minimalis dengan furniture esensial

Agar desain kamar tidur sempit yang dirancang bisa menciptakan kesan luas dan nyaman, sebaiknya perhatikan letak jendela dan pintu. Anda nantinya bisa menempatkan furniture sesuai dengan letak kedua elemen ini. Seperti misalnya jika letak jendela dan pintu Anda saling berhadapan, maka bisa menempatkan ranjang tidur dibawah jendela agar terlihat luas dan nyaman. Pencahayaan alami dari sinar matahari yang melewati jendela juga bisa menjadi bisa membuat ruangan semakin terlihat luas dan nyaman.

Desain kamar tidur sempit Anda menggunakan wallpaper

Agar kamar tidur tidak terkesan kaku dan dingin, Anda bisa menggunakan wallpaper dinding untuk mensiasatinya. Pengaplikasian wallpaper ini bisa pada salah satu sisi dinding atau secara keseluruhan. Pastikan memilih wallpaper dengan warna cerah dan netral agar bisa menciptakan kesan luas pada ruangan dan juga nyaman, seperti biru muda, pink, kuning, dll. Sedangkan untuk motif wallpaper sebaiknya jangan memilih yang berukuran besar karena akan menambah kesan sempit. Sebaliknya pilih motif berukuran kecil-kecil saja. Dan jika menginginkan motif garis, pastikan yang memiliki arah vertical (tegak) agar memberi kesan tinggi pada ruangan. Anda bisa memasang beberapa bingkai foto, pernak-pernik, atau tanaman hias pada dinding wallpaper kamar tidur Anda agar lebih ekspresif. Namun pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak untuk menghindari kesan sumpek atau terlalu penuh.

Maksimalkan tempat penyimpanan (storage) pada desain kamar tidur yang sempit

Kamar tidur menjadi salah satu tempat untuk menyimpan berbagai barang-barang pribadi yang dimiliki. Salah satu permasalahan memiliki desain kamar tidur sempit adalah kesulitan dalam menyimpan berbagai barang-barang pribadi yang dimiliki, seperti pakaian, buku-buku, dokumen penting, aksesoris-aksesoris, sepatu, dll. Dalam menerapkan konsep minimalis, memaksimalkan ruangan untuk penyimpanan menjadi salah satu point penting. Agar ruangan kamar tidur tidak berkesan sumpek dengan barang-barang yang Anda miliki, Anda bisa mensiasatinya dengan menciptakan tempat penyimpanan (storage) di bawah ranjang dengan menggunakan beberapa container dengan ukuran yang susah disesuaikan, atau bisa juga dengan menggunakan furniture ranjang tidur yang di bagian bawahnya sudah didesain sebagai tempat penyimpanan.

Namun untuk cara ini tentunya Anda perlu custom atau mencari furniture dengan kriteria demikian. Jika budget Anda terbatas, menggunakan beberapa container yang diletakkan di bawah kolong tempat tidur juga tidak masalah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan sekaligus dekorasi melalui penggunaan rak melayang. Di pasaran, rak melayang terbilang mudah untuk didapatkan, sehingga tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam menerapkannya pada kamar minimalis Anda.

Gunakan headboard dari kolase foto agar dekorasi kamar tidur semakin keren

Menggunakan perpaduan warna monokrom pada desain kamar tidur sempit tak jarang terasa monoton. Untuk mensiasatinya, Anda bisa melakukan permainan dekorasi dengan menggunakan kolase bingkai foto yang dipasang pada headboard. Headboard ini nantinya bisa Anda letakkan pada dinding kamar tidur. Anda juga menambahkan sentuhan alam dengan menempatkan tanaman hias atau penggunaan lantai kayu agar kesan lebih segar dan tidak sumpek pada ruangan kamar tidur bisa tercipta.

Susun furniture secara memanjang pada desain kamar tidur yang sempit

Memiliki desain kamar tidur sempit memang perlu memperhatikan pemilihan yang tepat. Dimana sebaiknya tidak memilih yang berukuran besar karena bisa memakan banyak space ketika diletakkan. Pemilihan furniture dengan warna-warna netral juga perlu diperhatikan agar mudah dipadukan dengan warna utama pada kamar Anda. Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah penempatan furniture dengan tepat. Jika kamar tidur Anda memiliki ukuran yang minimalis, misalnya 3×4 maka sebaiknya penataan furniture dilakukan secara memanjang dengan tempat tidur di bagian paling belakang, sedangkan untuk meja kursi dan furniture diletakkan di bagian depan kamar. Agar semakin menciptakan kesan luas, tidak ada salahnya juga Anda menempatkan cermin pada pojok ruangan. Cermin akan membantu memantulkan cahaya dari kamar tidur sehingga memberikan kesan ruangan lebih luas dari ukuran yang sebenarnya.

Pergunakan sprei warna netral pada tempat tidur Anda

Salah satu kunci dalam penerapan kamar tidur minimalis adalah lewat penggunaan warna-warna netral pada beberapa elemen ruangan, tak terkecuali untuk sprei tidur. Anda bisa memilih sprei berwarna netral, seperti putih gading, beige, abu-bau muda, dll. Anda juga bisa menambahkan akses warna diantara warna-warna netral yang ada. Misalnya jika pada sprei sudah menggunakan warna netral, Anda bisa menggunakan sarung bantal berwarna merah atau warna lainnya. Yang terpenting, jangan menggabungkan terlalu banyak warna karena kesan tempat tidur minimalis bisa tidak terwujud.

Lakukan desain kamar tidur sempit secara atraktif jika diperuntukkan bagi anak-anak

Jika kamar minimalis yang sedang dirancang diperuntukkan bagi anak-anak, sebaiknya bisa lebih bereksplorasi dengan desainnya. Meskipun memiliki luas yang terbatas, bukan tidak mungkin untuk menciptakan kamar anak yang tetap nyaman dan menyenangkan. Anda bisa mendesain kamar anak menggunakan bunk bed dengan tema rumah kayu. Bunk bed ini selain bisa menjadi tempat tidur yang nyaman bagi anak, juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan (storage) yang fungsional.

Nah, itu tadi beberapa tips bagi Anda yang sedang desain kamar tidur sempit yang dimiliki bisa terkesan lebih luas dan nyaman dengan konsep minimalis. Bahkan lewat pengaturan yang tepat, kamar tidur Anda juga bisa tampil lebih menarik dan terlihat modern. Sehingga dengan luas kamar tidur yang terbatas, Anda tidak perlu khawatir akan terasa sumpek dan kurang nyaman. Karena asalkan bisa mensiasatinya dengan baik menggunakan beberapa tips di atas, kamar tidur impian yang nyaman dan bisa membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya pun bisa diwujudkan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *