Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Inpsirasi Design Denah Rumah 3 Kamar untuk Keluarga
Denah Rumah, Rumah

Inpsirasi Design Denah Rumah 3 Kamar untuk Keluarga 

Denah rumah 3 kamar – Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa dihuni dengan tenang dan memberi kebahagiaan untuk semua anggota keluarga. namun kondisi anggota keluarga yang bisa berubah juga menuntut kondisi rumah yang juga bisa berubah. Salah satu contohnya adalah ketika anak yang dulunya masih kecil-kecil sehingga bisa ditempatkan pada satu kamar telah mulai beranjak dewasa.

Mereka akan membutuhkan kamar pribadi yang lebih privasi untuk menjadi base camp di dalam rumah. keluarga dengan 2 anak misalnya, setidaknya membutuhkan 3 kamar sejak anak-anak menginjak usia pra remaja. Kondisi ini perlu dipersiapkan sebelumnya sehingga dapat terealisasi dengan tepat waktu. Salah satu langkah awal yang tepat adalah membuat denah rumah 3 kamar yang bisa Anda ambil dari berbagai sumber.

Sebenarnya denah rumah 3 kamar bisa Anda dapatkan dari banyak tempat karena dewasa ini ada banyak rumah tipe 36 yang memiliki 3 buah kamar sederhana. Namun permasalahannya, jika Anda bukan membuat rumah baru melainkan melakukan renovasi maka perubahan diharapkan hanya seminimalis mungkin untuk menghemat pengeluaran. Berbeda dengan membangun rumah baru dimana sudah Anda rencanakan untuk membuat 3 kamar untuk 1 rumah sehingga bisa dirancang dari awal. Namun jangan khawatir ada banyak design yang bisa Anda tiru jika ingin mengubah rumah menjadi 3 kamar atau membuat rumah baru dengan 3 kamar yaitu 1 kamar utama untuk orang tua dan 2 kamar untuk anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa denah rumah 3 kamar yang bisa Anda tiru dengan cukup mudah:

1. Desain denah rumah 3 kamar berbaris

denah rumah 3 kamar kamar berbaris

Untuk Anda yang memiliki rumah memanjang ke belakang, maka denah ini paling pas untuk dipilih. Rumah bisa Anda bagi menjadi dua yaitu bagian kanan dan kiri. Ambil salah satu bagiannya untuk dibagi menjadi 3 kamar. Anda bisa membedakan ukurannya dimana untuk kamar utama menjadi lebih besar dan kedua kamar lain memiliki ukuran standar. Letakkan dalam satu baris dari kamar utama dan disusul dua kamar anak.

kamar utama bisa memiliki kamar mandi sendiri jika luas memungkinkan. Sedangkan kamar anak berbagi kamar mandi di luar. Sisi rumah lainnya bisa dipakai untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. Denah rumah 3 kamar ini belum termasuk teras dan garasi yang pastinya bisa Anda tata di bagian depan rumah dan halaman belakang serta samping untuk taman dan ruang terbuka untuk menjemur pakaian.

2. Desain L

denah rumah 3 kamar L

Denah rumah 3 kamar desain zig-zag bisa Anda gunakan jika memiliki rumah persegi. Anda bisa membagi rumah menjadi dua di kanan dan kiri. Salah satu bagiannya merupakan ruang tamu dimana di depan ruang tamu bisa Anda tempatkan kamar utama dengan pintu masuk ke arah dalam rumah sehingga tidak berhadapan langsung dengan ruang tamu. Dengan denah ini kamar utama akan memiliki akses jendela ke lingkungan luar secara langsung.

Di samping ruang tamu buatlah menjadi kamar anak pertama lalu kamar mandi dan kamar anak kedua. Dengan begitu keduanya bisa mengakses kamar mandi dengan mudah dan dekat. Namun hal tersebut bisa dilakukan jika memiliki panjang yang memungkinkan. Jika tidak, letakkan kamar mandi di depan kamar anak atau di barisan kamar utama sehingga denah dari kamar utama menjadi kamar utama, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. Jika memiliki lahan kosong setelah kamar mandi, dapat Anda pakai untuk taman atau area terbuka untuk menjemur pakaian.

3. Denah Zig-zag

denah rumah 3 kamar zigzag

Denah rumah 3 kamar berikutnya adalah berbentuk zig zag. Denah ini cocok untuk rumah yang memiliki bentuk persegi dengan sisi yang sama panjang. Bagi panjang depan menjadi tidak dan gunakan untuk area teras, ruang tamu dan satu tempat tidur anak. Lalu baris kedua bisa Anda pakai untuk kamar tidur utama, ruang keluarga dan kamar mandi. Baris ketiga gunakan untuk kamar anak kedua, dapur dan area serbaguna. Untuk desain ini, Anda bisa menggunakan dinding kamar sebagai sekat antar ruangan di dalam rumah. bagian tengah yang merupakan ruang tamu dan ruang keluarga bisa dibuat tanpa sekat sehingga membuat pemandangan di dalam rumah terasa lebih hangat.

Selain membuat denah rumah 3 kamar dari satu lantai, Anda yang melakukan modifikasi rumah dari rumah dua kamar menjadi tiga kamar dengan luas lahan yang terbatas, dapat menggunakan opsi menambah lantai rumah menjadi 2 lantai. Biaya yang dibutuhkan memang lebih banyak namun manfaatnya juga lebih besar karena anak-anak mendapatkan kamar yang lebih leluasa bahkan hingga mereka dewasa. Jika Anda memiliki budgetnya,

Berikut ini adalah denah rumah 2 lantai 3 kamar yang bisa Anda gunakan:

1. Pada lantai pertama gunakan untuk ruang tamu, kamar utama yaitu kamar orang tua, dapur dan kamar mandi. Anda bisa menggunakan area paling belakang atau paling samping untuk membuat akses tangga. Umumnya tangga dibuat di samping dapur atau kamar mandi dengan memanfaatkan area di bawah tangga tersebut. sedangkan lantai kedua bisa dipakai untuk kamar dua anak dan area keluarga dimana kedua anak Anda bisa menonton televisi bersama. Jika Anda membuat teras depan atau belakang di lantai dua, bisa dipakai untuk balkon dan melihat pemandangan.

2. Desain berikutnya adalah menggunakan lantai bawah seluruhnya untuk ruang umum yaitu ruang tamu, ruang dapur, kamar mandi dan kamar tamu atau kamar asisten rumah tangga. Sedangkan kamar utama dan dua kamar anak semuanya berada di lantai dua bersama dengan ruang keluarga dan kamar mandi. Denah rumah 3 kamar bisa Anda pilih jika memiliki luas lahan yang memadai sehingga lantai atas tidak terlalu sempit untuk membuat tiga kamar sekaligus.

Membuat rumah dengan menambahkan kamar memang lebih susah dibandingkan dengan membuat rumah baru dimana Anda bisa langsung membuat denah rumah 3 kamar dan meminta ahli bangunan untuk mengaplikasikannya. Kondisi ini dipersulit dengan sudah banyaknya furniture yang dimiliki saat melakukan modifikasi rumah. Akan tetapi dengan perencanaan yang matang dan desain yang tepat, modifikasi Anda akan membuahkan hasil yang tak kalah dengan membuat rumah baru sehingga tak perlu enggan atau malas melakukan modifikasi apalagi jika memang sudah dibutuhkan.

Belum cocok dengan denah rumah 3 kamar di atas? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan denah lainnya yang bisa Anda tiru dengan mudah. Cari saja di majalah desain eksterior, majalah hunian ataupun mencari secara online di internet. Anda juga bisa melakukan survey ke perumahan yang menyediakan rumah dengan tiga kamar di bagian open housenya. Yang paling penting sesuaikan dengan ukuran lahan atau rumah yang Anda miliki dan kebutuhan ukuran kamar untuk anak-anak yang akan ditambahkan. Jika perlu melebur ruangan misalnya, maka jangan ragu untuk melakukannya asalkan tidak merusak pondasi awal sebagai kekuatan tiang rumah.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *