Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Alasan Harus Pilih Dekorasi Ruang Tamu Minimalis dan Tips Menatanya
Dekorasi Rumah, design rumah

Alasan Harus Pilih Dekorasi Ruang Tamu Minimalis dan Tips Menatanya 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, desain rumah minimalis terbilang cukup banyak diminati. Hal ini lantaran dengan konsep desain minimalis, kita mampu memaksimalkan lahan yang sempit agar bisa terasa nyaman dan terlihat luas untuk ditempati. Sehingga bagi mereka yang memiliki lahan terbatas pun tidak akan mengalami kendala untuk membuat rumah yang cantik. Dalam mendesain rumah minimalis harus diperhatikan dengan seksama pengaturan ruangannya agar tidak terkesan sesak atau penuh. Hal yang sama juga perlu Anda perhatikan ketika menata dekorasi ruang tamu minimalis.

Ruang tamu merupakan bagian dari rumah yang memberikan kesan pertama untuk keseluruhan bagian dari hunian. Sehingga menata ruang tamu dengan baik akan menggambarkan keseluruhan rumah itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya dalam menata rumah minimalis Anda, ruang tamu menjadi salah satu bagian yang tidak boleh diremehkan. Jika untuk hunian berukuran luas biasanya antara ruang keluarga dengan ruang tamu dipisah, maka pada hunian minimalis digabung menjadi satu namun diatur sedemikian rupa agar tetap nyaman dan tidak terkesan sesak.

Jika Anda mampu menerapkan konsep dekorasi ruang tamu minimalis dengan tepat, akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Lebih mudah dalam perawatannya.
  • Bisa memberikan kesan modern pada ruang tamu.
  • Ruang tamu menjadi lebih elegan, mewah, dan tidak berlebihan.
  • Bisa meminimalisir penggunaan furniture dan aksesoris rumah.
  • Bisa memadukan beragam bentuk dan warna dalam satu ruangan.
  • Memberikan kesan ruangan yang tampak luas dan lapang.

Tips Menata Ruang Tamu Minimalis

Nah, jika Anda tertarik untuk mengusung konsep dekorasi ruang tamu minimalis pada hunian Anda, sebaiknya lakukan dengan memperhatikan berbagai aspek. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, berikut ini akan dibagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menata ruang tamu minimalis, yaitu:

Pemilihan warna ruang tamu minimalis

warna dinding

Agar dekorasi ruang tamu minimalis Anda bisa menampilkan kesan yang elegan, mewah, modern, dan tidak berlebihan, penting untuk menggunakan warna yang tepat. Pastikan Anda memilih warna yang mampu menonjolkan berbagai kesan pada ruang tamu minimalis Anda, seperti warna putih atau pilihan warna terang agar memberikan suasana ceria.

Pemilihan furniture yang tepat

furniture ruang tamu minimalis

Mengingat ruang tamu minimalis Anda yang tidak begitu luas, maka agar tidak terkesan sesak atau penuh, maka dalam memilih furniture perlu diperhatikan ukurannya. Begitu juga dengan jumlah furniture yang akan digunakan pada ruang tamu. Pastikan ukuran furniture tidak terlalu besar karena ruang tamu akan terasa sesak. Sedangkan untuk jumlah furniture yang digunakan, sebaiknya juga jangan terlalu sedikit karena akan memberika kesan dekorasi ruang tamu minimalis yang sepi atau kosong. Namun begitu, jika Anda tetap menginginkan furniture yang besar pada ruang tamu minimalis Anda, sebaiknya jumlahnya tidak terlalu banyak agar furniture tersebut bisa digunakan sebagai daya tarik utama. Oleh karena itu, mencari furniture dengan desain atau bentuk yang unik bisa diterapkan.

Penggunaan aksesoris dinding yang tepat untuk dekorasi ruang tamu minimalis

hiasan dinding ruang tamu minimalis

Karena ukuran ruang tamu minimalis yang terbilang tidak luas, maka Anda sebisa mungkin harus bisa memaksimalkan ruang dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan dinding sebagai objek dalam menata ruangan. Anda bisa menggunakan hiasan dinding pada ruang tamu agar bisa menunjang keindahan, sekaligus mensiasati ruangan yang terbatas. Anda bisa menggunakan rak melayang untuk menaruh berbagai aksesoris atau bisa juga dengan menggunakan aksesoris yang penempatannya tidak memakan tempat, seperti lukisan, jam dinding, pigura, dll. Mengingat ruang tamu yang berukuran terbatas, sebaiknya dalam memajan berbagai aksesoris pada dinding juga memperhatikan ukuran aksesoris itu sendiri.

Pemilihan gorden yang tepat untuk dekorasi ruang tamu minimalis

hordeng dekorasi ruang tamu minimalis

Untuk dekorasi ruang tamu minimalis, sebaiknya perhatikan pencahayaannya dengan baik untuk memaksimalkan ruangan. Penggunaan tirai atau gorden sangat disarankan untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruang tamu minimalis. Anda bisa menggunakan gorden dengan warna dan model yang senada dengan warna dinding maupun lantai. Hal ini bertujuan bisa memberikan kesan estetik pada ruang tamu. Gantung gorden dengan lebih tinggi agar membantu memvisualisasi ruang tamu yang semula berukuran kecil nampak lebih luas.

Furniture Tepat untuk Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Dari beberapa tips dalam menata dekorasi ruang tamu minimalis yang bisa Anda ikuti, dimana salah satu yang bisa Anda ikuti adalah dengan pemilihan furniture yang tepat. Furniture dalam menata ruang tamu memang memiliki peran yang cukup besar. Karena bisa membantu mengisi ruang tamu yang semula kosong menjadi lebih hidup. Agar ruang tamu minimalis bisa memberikan kesan yang estetik dan terasa luas dan nyaman, berikut ini beberapa furniture maupun perlengkapan-perlengakan yang bisa digunakan, yaitu:

Sofa

Untuk dekorasi ruang tamu minimalis, keberadaan sofa menjadi salah satu furniture wajib. Agar bisa memberikan kesan luas dan estetik, perhatikan beberapa hal dalam memilihnya, baik itu warna, ukuran, dan bahannya.

Meja tamu

Meja tamu sangat berguna untuk menaruh makanan ataupun minuman ketika ingin menyuguhkan pada tamu yang datang ke rumah. Ada banyak sekali jenis furniture meja tamu yang dijual di pasaran, mulai yang berbahan dasar kayu hinggga yang berbahan kaca. Untuk pemilihan bahan bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Pastikan bahannya memang berkualitas agar bisa digunakan dengan tahan lama. Sebaiknya tinggi meja makan disesuaikan dengan tinggi dudukan kursi sofa Anda. Agar terlihat lebih menarik lagi, Anda bisa meletakkan taplak meja dengan motif berwarna.

Karpet

Menggunakan karpet pada dekorasi ruang tamu minimalis bisa menambah kesan elegan pada ruangan. Selain itu, adanya karpet juga bisa berfungsi sebagai alas untuk meja tamu, sebagai daya tarik utama lewat beragam bentuk (persegi, persegi panjang, dll) dan motifnya. Sebaiknya pilih karpet dengan warna yang sesuai dengan warna meja tamu. Di pasaran ada banyak sekali dijual karpet dengan beraneka ragam, terutama jika dilihat dari bahannya. Agar mudah dalam perawatannya, sebaikny pilih jenis karpet yang mudah untuk dibersihkan.

Rak dinding

Untuk mensiasati ruangan yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat untuk menaruh berbagai barang maupun aksesoris. Seperti dengan penggunaan rak dinding atau rak melayang misalnya, bisa membantu Anda dalam menata beberapa bingkai foto, pernak-pernik, vas bunga, jam, dll di ruang tamu tanpa harus khawatir memakan banyak tempat. Pilih rak dinding yang tepat dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar agar berkesan indah dan rapi pada ruang tamu minimalis Anda.

Cermin

Penggunaan cermin dalam menata dekorasi ruang tamu minimalis dinilai sebagai keputusan yang tepat. Karena benda yang satu ini membantu mensiasati ruangan yang berukuran mungil bisa terlihat lebih besar atau luas, selain lewat permainan warna dinding. Dimana cermin bisa memantulkan cahaya yang menyentuh permukaan cermin, sehingga menghasilkan cerminan pada ruang tamu minimalis.

Nah, kalau sudah tau keuntungan ruang tamu minimalis dan tips menatanya, tunggu apalagi yuk sulap ruang tamu kamu jadi minimalis dan tetap nyaman.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *