Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Hemat dengan Dekorasi Pernikahan Sendiri, Berikut Tipsnya!
Uncategorized

Hemat dengan Dekorasi Pernikahan Sendiri, Berikut Tipsnya! 

Acara pernikahan pastinya menjadi moment yang paling ditunggu oleh setiap pasangan bukan. Saat dimana memang ikrar atau janji akan dibacakan sehingga nantinya Anda juga akan sah menjadi pasangan suami istri. Hanya saja untuk sampai kesana ada banyak sekali jalan yang harus dilalui. Mulai diantaranya adalah memikirkan masalah biaya yang harus disiapkan, konsep pestanya sampai yang tidak kalah penting adalah dekorasi pernikahan Anda nantinya. Bagaimanapun tentunya Anda ingin moment tersebut tidak akan pernah terlupakan bukan, sehingga harus dibuat dengan semaksimal mungkin.

Hanya saja untuk dekorasi pernikahan yang mewah tidak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini juga akan memakan begitu banyak biaya bukan. Anda yang memang dari segi keuangan atau finansial terbatas pastinya akan sangat memikirkan hal ini bukan. Sehingga terkadang memutuskan untuk menunda acara pernikahan yang cukup sakral tersebut, padahal sebenarnya sudah sejak lama dinantikan.

Ide Dekorasi yang Tidak Memakan Banyak Biaya

Untuk itu maka berikut ini diantaranya beberapa ide untuk dekorasi di acara pernikahan Anda yang tidak memakan terlalu banyak biaya atau low budget dan patut untuk dicontek, yaitu:

Tema Vintage

dekorasi pernikahan vintage

Nyatanya dekorasi semacam ini masih begitu diminati oleh pasangan yang ingin menikah. Anda bisa mengusung tema sederhana ala tahun 80an. Pastinya tak kalah seru dan tentunya juga tidak akan memakan terlalu banyak biaya jika dibandingkan dengan dekorasi mewah yang tengah hits saat ini, pesta pernikahan Anda akan lain dari pada yang lainnya.

Tema Garden Party

dekorasi pernikahan kebun

Tema garden, garden party adalah solusi bagi Anda yang lebih senang pesta di ruang terbuka. Memanfaatkan halaman belakang rumah sehingga nantinya tidak akan memakan terlalu banyak biaya. Bahkan dekorasi pernikahan untuk garden party ini sendiri juga tidak terlalu rumit, Anda bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

Tips Menekan Budget Dekorasi Pernikahan

Guna menekan budget yang dikeluarkan untuk kebutuhan dekorasi tersebut, maka berikut ini diantaranya beberapa tips yang juga dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Gunakan 1 atau setidaknya 3 warna maksimal sebagai tema untuk dekorasi pernikahan tersebut, jangan berlebihan karena jika seandainya terlalu banyak warna yang dipakai, selain memberikan kesan yang terlalu ramai atau too much, sebenarnya hal ini juga akan menguras terlalu banyak pengeluaran Anda. Sedikit warna ini juga efektif untuk memberikan kesan yang lebih elegan pada pesta pernikahan Anda. Misalnya Anda dapat mengkombinasikan warna putih dengan krem ataupun warna-warna netral yang lainnya.
  2. Pilihlah bunga lokal yang nantinya akan dipakai sebagai bahan untuk dekorasinya. Pemakaian bunga impor hanya akan menguras lebih banyak biaya, mengingat dari segi harganya sendiri juga cukup mahal. Untuk itu tidak ada salahnya bagi Anda mempertimbangkan pemakaian bunga lokal, karena dari segi harganya sudah pasti jauh lebih murah. Tidak dapat dipungkiri jika seandainya bunga ini termasuk dalam komponen yang begitu penting dalam dekorasi untuk acara pernikahan Anda. Bunga akan memberikan tampilan yang lebih estetik.
  3. Sediakan photo booth sederhana. cara pernikahan saat ini pastinya membutuhkan bagian khusus yang nantinya akan dipakai para tamu untuk berfoto atau yang lebih dikenal sebagai photo booth. Hanya saja jangan terlalu berlebihan karena ini akan melubangi isi kantong. Sebaliknya akan lebih aman bagi Anda dalam menyediakan photo booth yang sederhana saja. Photo booth bisa dibuat sendiri pada dekorasi pernikahan tersebut.
  4. Manfaatkan halaman belakang rumah sebagai tempat atau acara. Nantinya Anda tidak perlu menambah pengeluaran yang dipakai untuk kebutuhan sewa gedung pernikahan. Paling tidak hanya perlu keluar biaya yang dipakai untuk dekorasi saja. Nantinya halaman tersebut dapat dihias dengan bunga, lampion ataupun juga balon sebagai pelengkapnya, menyesuaikan dengan tema saja.
  5. Jika pesta tersebut dilakukan pada malam hari, maka nantinya dapat membuat dekorasi pernikahan dengan cara menghias bagian pohon dengan dililiti lampu atau lampion. Adanya lampu atau lampion ini sebenarnya juga akan membuat suasana menjadi lebih hangat.

Komponen Wajib Ada di Dekorasi Pernikahan

Dalam membuat pesta yang meriah dan juga tampilan lebih wah, sebenarnya tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Tinggal Anda sendiri yang harus lebih kreatif di dalam mengelolanya. Adapun berikut ini diantaranya ada beberapa elemen atau komponen penting yang ada dalam dekorasi pernikahan yang harus Anda perhatikan sehingga nantinya tamu juga akan nyaman berada disana, diantaranya adalah:

  1. Pintu masuk, pintu masuk sebaiknya memiliki ukuran yang besar, sehingga nantinya akan mempermudah para tamu undangan yang hadir ke acara pernikahan tersebut. Nantinya Anda bisa memberi petunjuk agar para tamu undangan yang datang juga lebih mudah mengenalinya, seperti dengan adanya gapura maupun gerbang kecil, jika ingin lebih hemat biaya, maka nantinya cukup dengan meletakkan dua buah vas bunga cantik di setiap sisi pintu masuk tersebut, hingga dengan membuat hiasan bunga dengan bagian kawat lengkung di setiap sisinya agar lebih cantik.
  2. Jalan setapak menuju ke area pelaminan, setelah pintu masuk, maka komponen lainnya yang patut diperhatikan adalah keberadaan dari jalan setapak menuju area pelaminan tersebut. Bisa dengan mengandalkan karpet merah yang ditaburi dengan bunga ataupun juga dengan potongan kayu, jika seandainya area tersebut ada di dalam ruangan. Dekorasi pernikahan ini termasuk bagian yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang ke acara tersebut.
  3. Pelaminan, komponen utama dan paling penting pada pernikahan Anda. Pada bagian ini nantinya Anda memang dituntut untuk keluar lebih banyak uang dibandingkan dengan yang lainnya. Apalagi jika dilihat sendiri ada banyak sekali jasa yang memang menyewakan dekor khusus untuk pelaminan, ataupun dengan mengandalkan dekorasi yang sudah jadi atau siap pakai. Karena termasuk bagian paling penting jadi Anda harus benar-benar memilih tema yang tepat.
  4. Tempat makan, sebenarnya tidak perlu terlalu banyak dekorasi pernikahan pada ruangan makan ini. Apalagi memang pada dasarnya sudah ada bagian khusus untuk menyajikan beragam jenis menu yang ada. Agar terkesan lebih wah, namun tidak memakan terlalu banyak biaya, maka gunakan toples kaca yang dihiasi dengan bunga disini.
  5. Pencahayaan, aspek yang tidak kalah penting dalam mendekorasi pesta untuk pernikahan Anda. Biasanya di dalam gedung sendiri untuk pencahayaan sangat mudah disetting, karena tertutup dengan dinding. Namun agak susah untuk pencahayaan pada garden party. Anda nantinya harus mengandalkan lebih banyak lampu atau tambahan lampion, apalagi ketika acara tersebut diadakan pada malam hari.

Tak harus mahal bukan membuat dekorasi pernikahan yang cantik di hari bahagia tersebut. Namun harus direncanakan secara matang, apalagi jika seandainya Anda tidak mengandalkan jasa dari seorang wedding organizer untuk menatanya.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *