Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

10 Tips Menata Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Agar menarik
Kamar Tidur, Rumah

10 Tips Menata Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Agar menarik 

Dekorasi Kamar Tidur – Kamar tidur menjadi area yang paling privat bagi Anda untuk bisa berekspresi. Mengatur kamar tidak menjadi seindah dan senyaman mungkin menjadi salah satu cara agar Anda betah ketika menggunakan kamar tidur sebagai tempat beristirahat, tempat mencari inspirasi, mengerjakan berbagai tugas sekolah atau kantor, dll. Jika Anda memiliki kamar tidur yang tidak luas alias minimalis, tentunya Anda perlu melakukan berbagai trik dekorasi kamar tidur minimalis yang jitu agar ruangan yang tadinya berukuran kecil bisa terasa seperti luas dan nyaman-nyaman saja digunakan.

Menata dekorasi kamar tidur minimalis memang memiliki tantangan tersendiri, karena ruangan yang serba mungil mengharuskan Anda meletakkan atau mengatur berbagai benda-benda di sekitar Anda dengan tepat agar tidak terkesan sumpek dan kurang nyaman. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena baik itu kamar tidur minimalis maupun yang berukuran besar sekalipun masih bisa disiasati dengan berbagai cara jitu agar terlihat nyaman dan tidak terkesan pas tanpa terkesan penuh atau berlebihan.

Tips menata dekorasi kamar tidur

Nah, untuk membantu Anda yang merasa kesulitan dalam menata dekorasi kamar tidur minimalis yang dimiliki, berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Menggunakan warna-warna cerah

dekorasi kamar tidur warna cerah

Dibandingkan dengan warna gelap, penggunaan warna-warna cerah pada kamar tidur terbukti mampu memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Untuk menerapkan warna-warna cerah pada ruangan kamar tidur minimalis Anda ini terbilang cukup mudah, dimana Anda bisa menerapkannya pada pemilihan cat dinding dan berbagai perabotan maupun perlengkapan yang dimiliki, seperti furniture, selimut, sprei, dll. Untuk berbagai pilihan warna cerah yang bisa Anda gunakan, antara lain ada putih, biru muda, pink, kuning, dll.

2. Memanfaatkan penerangan alami dan buatan

dekorasi kamar tidur pepohonan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam menata dekorasi kamar tidur minimalis Anda yaitu dalam hal penerangan atau pencahayaan. Dimana agar kamar tidur minimalis bisa terkesan luas dan tidak sumpek, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari. Caranya dengan membiarkan sinar matahari masuk melalui jendela kamar Anda. Sinar matahari selain bisa menjadi sumber pencahayaan alami, juga sangat bagus menghilangkan kuman-kuman dan menjaga kamar agar tidak lembab. Jika kamar tidur Anda tidak memiliki jendela, sehingga tidak memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar, maka bisa juga dengan memanfaatkan peran dari lampu buatan yang diatur sedemikian rupa bersifat indirect atau tidak menyorot secara langsung.

3. Memanfaatkan penggunaan cermin agar kamar tidur terlihat lebih luas.

dekorasi kamar tidur panggung cermin

Untuk mensiasati dekorasi kamar tidur minimalis agar terkesan lebih luas dari ukuran yang sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan penggunaan cermin. Cermin berperan untuk menghasilkan ilusi mata, sehingga kamar tidur yang tadinya sempit bisa terlihat lebih luas. Penerapan tips yang satu ini terbilang cukup mudah, mengingat Anda bisa mendapatkan cermin yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Menggunakan tempat penyimpanan di bawah ranjang

dekorasi kamar tidur tempat penyimpanan

Kamar tidur merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan berbagai kebutuhan pribadi yang dimiliki, mulai dari pakaian, koleksi-koleksi, dokumen-dokumen penting, dan barang-barang milik pribadi lainnya. Mengingat kamar tidur Anda berukuran minimalis, maka dalam mengatur benda-benda yang dimiliki harus dilakukan dengan rapi agar terhindar dari kesan sumpek dan tidak nyaman. Mengingat kamar tidur minimalis memiliki keterbatasan tempat untuk menaruh berbagai benda secara leluasa, Anda bisa memanfaatkan area bawah ranjang.

Untuk bisa menerapkan cara ini, Anda sebelumnya bisa memesan ranjang built-in, yaitu ranjang dengan bagian bawahnya terdapat laci-laci atau rak kecil yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Namun jika cara ini tidak memungkinkan bagi Anda karena budget yang terbatas untuk membeli ranjang dengan kriteria demikian, masih bisa disiasati dengan menggunakan ranjang biasa saja. Nantinya Anda hanya perlu menggunakan beberapa container atau keranjang yang berukuran sesuai sebagai tempat penyimpanan dan meletakkannya di bawah ranjang tidur tersebut.

5. Menata dekorasi kamar tidur minimalis menggunakan meja rias sekaligus nakas

dekorasi kamar tidur dengan tirai

Karena keterbatasan tempat pada kamar tidur minimalis, mengharuskan Anda perlu pintar-pintar dalam memilih furniture yang tepat. Anda bisa mencari furniture yang tidak memakan tempat sekaligus multifungsi, seperti dengan menggunakan meja rias yang juga bisa berperan sebagai nakas dengan penempatan di dekat ranjang tidur. Dengan menggunakan furniture meja dengan kriteria demikian, selain bisa memudahkan Anda dalam berhias, juga berfungsi untuk meletakkan berbagai benda yang ingin lebih mudah dijangkau ketika akan tidur maupun bangun tidur, seperti botol minum, kacamata, handphone, dll.

6. Memanfaatkan rak melayang untuk menaruh berbagai pernak-pernik yang dimiliki

Kathy Kuo

Tips dekorasi kamar tidur lainnya yang bisa diterapkan berkaitan dengan penyimpanan adalah dengan memanfaatkan rak melayang. Penggunaan rak melayang atau floating shelves jauh lebih efisien untuk menghemat tempat dibandingkan dengan rak biasa. Dimana jika pada rak biasa perlu menaruhnya di atas lantai dan memakan tempat, tetapi untuk rak melayang hanya cukup meletakkannya di area atas dinding yang bagian bawahnya masih bisa digunakan sebagai tempat meletakkan furniture. Penempatan rak melayang ini bisa Anda terapkan di atas ranjang tidur, di atas meja belajar, dll. Anda bisa memilih rak melayang yang sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya dengan desain interior kamar tidur.

7. Memasang tirai dengan pilihan jenis yang tepat

dekorasi kamar tidur dengan tirai

Penggunaan tirai dalam menata dekorasi kamar tidur juga perlu diperhatikan dengan baik. Dimana sebaiknya Anda memilih warna yang cerah dan menggantungnya dengan cara yang tepat. Untuk memberi kesan luas, Anda bisa memilih tirai jendela yang berukuran panjang, meskipun jendela Anda berukuran kecil. Dan jikapun Anda menginginkan tirai yang bermotif, sebaiknya pilih yang bergaris vertical agar mampu menciptakan ilusi luas pada ruangan.

8. Menggunakan kasur model tersembunyi dengan tempat tidur yang bisa dilipat

dekorasi kamar tidur kasur lipat

Cara menata dekorasi untuk kamar tidur minimalis lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan furniture yang bisa diringkas atau disembunyikan, seperti pada kasur lipat. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikannya ketika ingin menggunakan kamar tidur untuk keperluan lain, seperti mengerjakan pekerjaan sekolah atau kantor di lantai, dll.

9. Membangun ruang atau lantai tambahan (mezzanine) di antara lantai dan langit-langit kamar

dekorasi kamar tidur mezzanie

Cara menata dekorasi kamar tidur yang satu ini memang terbilang sulit karena Anda harus merombak konstruksi kamar untuk memastikan lantai tambahan pada kamar yang dimanfaatkan sebagai tempat tidur ini cukup kuat menampung beban. Namun cara ini memang terbilang mampu menciptakan ruang tambahan di bawah tempat tidur untuk meletakkan berbagai benda yang dimiliki dengan lebih leluasa.

10. Memanfaatkan dinding secara maksimal sebagai tempat penyimpanan

dekorasi kamar tidur manfaatkan dinding

Dan untuk tips terakhir yang bisa dilakukan dalam menata dekorasi kamar tidur minimalis Anda adalah dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Cara ini memang terbilang juga sulit karena Anda harus menanamkan tempat penyimpan bisa masuk ke dalam dinding. Namun cara ini terbilang bisa membuat ringkas dan kamar tidur berkesan lebih luas.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *