halo sobat-sobat roomah.id semua nya ketemu lagi ni dengan admin,pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tips,,,Kurangnya istirahat sangat mempengaruhi kesehatan kita, tetapi jumlah istirahat yang berlebihan juga tidak baik, lho. Keduanya membuat konsekuensi jangka panjang yang merugikan. Mungkin Anda baru saja lelah, tetapi beberapa penelitian telah menghubungkan banyak istirahat dengan penyakit jantung, obesitas, kesedihan, sakit kepala, dan diabetes tipe 2.Jika Anda merasa mengantuk berlebihan, kita harus mulai mencari cara untuk berhenti! Memperbaiki kebiasaan itu sulit, sungguh… Hanya saja, ada prosedur berbeda yang dapat membantu Anda beristirahat sesuai jadwal

1. Mulai punya rutinitas tidur

Langkah awal yang paling tidak sulit adalah mengatur jadwal istirahat dan bangun untuk diri sendiri, agar tidak terlalu sedikit atau banyak istirahat. Jika Anda bangun secara bersamaan secara konsisten, atur waktu tidur Anda sekitar 8 jam sebelumnya. Misalnya, Anda harus bangun jam 7 pagi, jadi usahakan untuk istirahat antara jam 10-11 pagi.

Jika Anda sudah terbiasa dengan jadwal istirahat yang sehat, usahakan untuk tidak istirahat lebih lama di akhir pekan. Setelah itu, normal bahwa Anda telah rusak untuk menjalankan akan. Selain itu, Anda juga bisa menenangkan tubuh dan otak Anda secara rutin sebelum memukul jerami agar Anda bisa istirahat lebih cukup. Anda diperbolehkan melakukan apa saja, mulai dari membaca sampai mandi uap atau shower.

2. Jangan suka snooze alarm

Jam weker sebagai alarm bangun tidur | Foto oleh Moose Photos dari Pexels

Siapa yang musuhan sama alarm setiap pagi? Jangan, dong~ Matiin atau snooze alarm mungkin jadi opsi paling mudah buat menghindari nada dering menyebalkan, tapi alarm bisa membantumu bangun secara rutin, loh. Setelah kamu membuka matamu, segera bangun dari tempat tidur supaya kamu nggak tergoda untuk kembali tidur. Pelan-pelan, kamu bisa belajar bangun mandiri tanpa alarm.

3. Hindari keinginan untuk tidur siang yang lama

Tidur di siang hari bisa bikin kamu merasa capek. Kamu juga akan jadi kebanyakan tidur. Secara alami, tubuh kita cuma perlu 7-9 jam tidur. Artinya, 15-17 jam yang tersisa harus dipakai untuk beraktivitas dan terjaga penuh.

4. Buat lingkungan tidur yang nyaman

Untuk bisa tidur di waktu yang ditentukan, kamu perlu menciptakan lingkungan yang nyaman. Lingkungan sangat berpengaruh pada kualitas tidurmu dan membuatmu merasa lebih rileks, loh. Kalau kamarmu terlalu panas, dingin, atau ada cahaya dan suara yang mengganggu, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk tertidur.

5. Buat jurnal

Buku jurnal dan pensil | Foto oleh Jess Bailey Designs dari Pexels

Jurnal tidur adalah cara terbaik untuk melacak lingkungan dan aktivitasmu sebelum tidur dalam situasi yang berbeda. Dengan menuliskan secara detail, kamu dapat menilai dengan lebih baik kebiasaan apa yang harus kamu ubah dan pertahankan.

6. Singkirkan teknologi sebelum tidur

Menghindari cahaya dari ponselmu serta notifikasi yang mengganggu memungkinkan kamu untuk tidur nyenyak dengan lebih mudah. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar elektronik dapat menunda pelepasan melatonin serta meningkatkan kewaspadaan tubuh kita, yang mengakibatkan kesulitan untuk tertidur.

Nah jangan lupa cobain cara-cara di atas. Semoga kamu yang sering oversleep jadi lebih bisa mengatur waktu tidurmu, ya~