Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Berapa Biaya Renovasi Rumah Per Meter? Mari Kita Ulas!
Renovasi, Renovasi Rumah

Berapa Biaya Renovasi Rumah Per Meter? Mari Kita Ulas! 

Meskipun tidak semahal membangun kembali, namun tetap saja renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi harus diperhitungkan secara detail sebelum melakukan eksekusinya. Kisaran biaya renovasi rumah per meter ini berbeda-beda, mulai dari 2,5 juta rupiah sampai dengan 4 juta rupiah bergantung pada jenis renovasi yang diinginkan. Hendaknya renovasi sendiri dilakukan secara rutin, karena bangunan juga memiliki usia layaknya manusia. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan maka harus dirawat secara rutin, salah satu bentuknya dengan renovasi ini.

Pengertian

Kegiatan renovasi ini ditujukan untuk memperbaiki tampilan dan juga meningkatkan nilai fungsinya. Tak hanya pada bangunan lama, banyak juga orang-orang yang merenovasi bangunan baru karena ingin perubahan suasana atau mengikuti trend. Trend bangunan semakin lama juga senantiasa berubah, sehingga keberadaan jasa semacam arsitek ini juga sangat dibutuhkan. Karena mereka membantu mewujudkan keinginan klient akan ekspektasi rumah idaman mereka.

Konsep desain

Agar hasil renovasi sesuai dengan keinginan, maka penting sekali membuat konsep atau desain awalnya terlebih dahulu. Baru nantinya dilakukan pengerjaan dengan bantuan arsitek dan pekerja bangunan. Berikut ini beberapa ide desain renovasi rumah yang dapat dicontek, yaitu:

  1. Rumah minimalis 2 lantai. Pemilik rumah minimalis dengan dua lantai bisa mencoba mengaplikasikan keberadaan ruang keluarga yang lebih luas di area bawah, apalagi bagi yang memiliki anak balita. Sehingga nantinya mereka bisa secara leluasa bermain di ruang keluarga tersebut. Tambahkan juga keberadaan teras kecil dengan pagar minimalis yang ada di bagian belakang rumah tersebut, tempatkan juga 2 buah kursi sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai di sore hari bersama dengan keluarga.
  2. Rumah ramah lingkungan. Belakangan ini cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk membuat rumah yang ramah lingkungan. Diantaranya adalah dengan menyematkan keberadaan taman yang luas, tak hanya di area depan atau belakang rumah saja, melainkan juga area di dalam rumah. Dengan menyematkan banyak tumbuhan seperti bunga atau tanaman hias lain akan membuat rumah tampak lebih fresh atau hijau.
  3. Memperbanyak ventilasi dan juga pencahayaan alami. Konsep rumah yang ramah lingkungan juga bisa dengan memperbanyak ventilasi udara yang ada. Begitu juga dengan penggantian dinding biasa dengan kaca, sehingga pencahayaan di siang hari menjadi lebih optimal. Tak perlu menyalakan lampu, karena cukup dengan membuka tirai maka cahaya matahari dari luar akan masuk kedalam rumah. Biaya renovasi rumah per meter dengan penempatan komponen ini bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan renovasi biasa.
  4. Rumah dengan konsep alami. mengganti material dinding dan juga lantai menggunakan bahan kayu, apalagi sekarang banyak produk katu buatan pabrik yang memiliki tampilan tak kalah dibandingkan dengan kayu biasa. Sehingga lebih tahan lama.

Pemilihan material terbaik

Pemilihan material merupakan kunci penting dalam renovasi rumah, sehingga harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini diantara tips memilih yang terbaik, yaitu:

  1. Sesuaikan dengan budget. Sebelum melakukan renovasi tentunya harus ada perkiraan biaya atau uang yang Anda miliki. Semakin besar renovasi yang dilakukan maka secara otomatis biaya yang harus dikeluarkan juga semakin mahal. budget Anda juga berpengaruh terhadap material yang dibeli. Jika budget besar bisa sesuka hati memilih material yang berkualitas.
  2. Pertimbangan jumlah dan ukuran. Jangan salah juga dalam menentukan ukuran atau jumlah yang tepat untuk renovasi tersebut. Biaya renovasi rumah per meter jika dikalkulasikan akan semakin mahal jika jumlahnya banyak. Baik itu atap, material untuk dinding hingga lantai.
  3. Bahan baku pembuatan. Penggunaan material yang sama, misalnya adalah atap, namun jika dibuat dari bahan yang berbeda maka kualitas atau hasil akhirnya juga berbeda. Misalnya adalah material dari keramik yang harganya jauh lebih mahal dari atap tanah liat biasa.
  4. Merk/brandnya. merk juga mempengaruhi kualitas, apalagi di pasaran variasi jenisnya juga sangat banyak. Jadi jika Anda ingin yang berkualitas, pertimbangkan memilih material yang dikeluarkan oleh merk terkenal. Sebanding dengan hal tersebut maka harganya juga semakin mahal.

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya renovasi

Besar kecilnya biaya renovasi rumah per meter bergantung pada banyak aspek, diantaranya adalah:

  1. Konsep rancangan. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda terkait dengan rumah impian mereka. Termasuk juga bagaimana renovasi tersebut akan dijalankan. Jika seandainya konsep atau rancangannya rumit, otomatis biaya yang arus dikeluarkan juga semakin mahal. Mengingat kegiatan renovasi tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan dengan mengandalkan jasa seorang arsitek.
  2. Ukuran rumah yang akan direnovasi. Biaya renovasi rumah perhitungannya adalah permeter, jadi jika semakin luas area yang akan dirombak, otomatis pengeluaran juga jadi semakin mahal. Sehingga harus diperhitungkan baik-baik area mana sajakah yang ingin direnovasi dan juga biaya yang harus dikeluarkan.
  3. Material yang digunakan. Tampilan rumah hasil renovasi sangat bergantung akan material yang dipakai. Jadi jika bahan bangunan yang digunakan premium, tentunya harus siap merogoh kocek yang dalam. Sebaliknya Anda bisa menghemat biaya renovasi rumah per meter dengan memilih material yang harganya murah.
  4. Tenaga yang digunakan. Umumnya meliputi arsitek dan pekerja bangunan, jika jumlah pekerja yang dipakai banyak, otomatis pengerjaan renovasi tersebut akan lebih cepat selesai. Namun untuk biaya jasa yang dikeluarkan juga semakin mahal. Sebaliknya ketika jasa tenaga bangunan yang dipakai sedikit, pengerjaan lama dan biaya juga relatif lebih kecil.

Tips melakukan renovasi rumah agar hasilnya optimal

Agar mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan harapan, maka berikut ini tips bagi Anda untuk merenovasi rumah, yaitu:

  1. Membuat rencana renovasi. Perencanaan hendaknya dilakukan jauh-jauh hari sambil memperhitungkan biaya yang harus Anda keluarkan. Karena dalam hal renovasi ini tidak semua bagian akan dirombak. Melainkan hanya beberapa bagian saja.
  2. Memilih jasa arsitek terpercaya. Agar renovasi berjalan lancar sesuai dengan ekspektasi Anda, tentunya sangat penting untuk menggunakan jasa seorang arsitek. Tidak perlu khawatir, karena di Indonesia ini ada begitu banyak jasa arsitek terpercaya yang akan membantu Anda mendapatkan rumah impian.
  3. Berburu material berkualitas dengan harga miring. Selanjutnya adalah dengan mencari material berkualitas untuk renovasi rumah. Dengan banyaknya toko bangunan yang ada, hendaknya cari yang menawarkan harga lebih murah, namun kualitasnya bagus.
  4. Pemilihan jasa atau tukang bangunan. Selanjutnya dengan memilih jasa tukang bangunan, biasanya kontraktor Anda yang akan merekomendasikan tukang bangunan terbaik untuk dipilih. Tentunya dengan estimasi biaya yang sudah disodorkan sebelum nya.

Biaya renovasi rumah per meter akan semakin mahal jika ekspektasi Anda juga tinggi. Sehingga sedini mungkin harus mempersiapkan biaya yang cukup, menabung mulai dari sekarang. Agar kelak bisa mewujudkan impian untuk tinggal di rumah impian.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *