Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Kisaran Biaya Renovasi Kamar Minimalis untuk Dapatkan Hasil Maksimal
Renovasi, Renovasi Kamar

Kisaran Biaya Renovasi Kamar Minimalis untuk Dapatkan Hasil Maksimal 

Terkadang renovasi rumah tidak dilakukan secara keseluruhan, melainkan hanya di bagian tertentu saja, dengan pertimbangan biaya yang terbatas. Kamar termasuk salah satu bagian dalam rumah yang kerap kali direnovasi. Bukan tanpa alasan tentunya, karena pemilik menginginkan kenyamanan ketika istirahat di rumah tersebut. Apalagi kamar ini juga termasuk ruangan privasi bagi setiap orang. Lalu kira-kira berapa besarnya biaya renovasi kamar yang harus dikeluarkan.

Pengertian

Kegiatan merenovasi rumah pastinya bukan hal yang baru lagi bukan, yaitu perbaikan atau perombakan pada sebuah bangunan. Perombakan ini bisa dilakukan secara keseluruhan, namun juga bisa sebagian kecil saja, misalnya saja adalah renovasi kamar. Dalam melakukan renovasi ini juga banyak hal yang harus dipertimbangkan. Karena pastinya Anda sendiri ingin hasil yang optimal bukan. Sekedar mencoba atau tanpa pemikiran panjang memungkinkan hasil yang didapatkan tidak optimal.

Konsep desain

Berbicara mengenai pilihan desain kamar untuk rumah ini banyak sekali, namun sebagian besar masyarakat saat ini membuat rumah minimalis. Karena keterbatasan lahan yang dimiliki, belum lagi dengan harga lahan yang semakin mahal maka rumah minimalis menjadi pilihan terbaik mereka. sejalan dengan hal tersebut maka kamar dengan desain minimalis juga lebih banyak dilirik. Berikut ini beberapa ide terbaiknya yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Kamar tidur minimalis dengan material full kayu. Meskipun memberikan kesan yang jadul, namun di tangan orang yang tepat material kayu ini bisa tampak begitu elegan. Apalagi jika jenis kayu yang dipakai adalah jati. Kayu ini memiliki tekstur halus ditambah dengan motif cantiknya. Namun biaya renovasi kamar dengan mengandalkan material full kayu jati sudah pasti mahal.
  2. Gunakan furniture yang multifungsi. Penempatan furniture yang terlalu banyak di dalam kamar akan memberikan kesan sesak, sehingga kurang leluasa untuk melakukan segala sesuatunya. Sebagai alternatif maka bisa menggantinya dengan furniture yang multifungsi, jadi bisa menghemat ruangan.
  3. Warna cerah. Pemilihan warna jadi bagian yang tidak kalah penting, apalagi untuk kamar yang minimalis. Salah memilih warna hanya akan memberikan kesan yang sesak atau sumpek. Paling aman memang dengan mengaplikasikan warna cerah untuk kamar tidur Anda. Warna cerah nantinya juga mudah dipadu-padankan dengan warna lain, sehingga Anda tidak perlu khawatir.
  4. Gunakan wall treatment. Belakangan ini cukup populer pemakaian wall treathment, dimana ia tak hanya berfungsi sebagai hiasan. Melainkan juga dapat dipakai sebagai gantungan di dalam kamar Anda. Beberapa jenis aksesoris nantinya dapat digantung disini. Sehingga tidak memakan banyak ruang.
  5. Ranjang bertingkat juga bisa dipilih. Sedangkan bagi Anda yang memiliki 2 orang anak menempati sebuah kamar, dibandingkan dengan memilih bad yang berukuran king size yang pastinya akan memakan banyak ruangan, maka jenis ranjang bertingkat bisa lebih menghemat ruangan.

Pemilihan material terbaik

Memilih material yang bagus juga menjadi bagian penting, sehingga kualitas yang diberikan juga optimal, diantaranya adalah:

  1. Jangan terlalu banyak motif. Jika Anda ingin memilih material, seperti diantaranya adalah wallpaper atau sejenisnya. Maka disarankan untuk tidak menerapkan terlalu banyak motif. Karena hal ini membuat kesan yang sesak di dalam kamar tersebut.
  2. Tentukan temannya. Sebelum membeli material dan membuat perincian biaya renovasi kamar, hal yang paling penting adalah menentukan tema yang dipilih untuk renovasi tersebut. Agar lebih banyak pilihan maka carilah referensinya terlebih dahulu, ada banyak referensi gambar yang bisa Anda temukan di internet.
  3. Sesuaikan dengan budget. Material yang berkualitas pastinya dijual dengan harga yang mahal. Untuk itulah sebaiknya Anda melihat kondisi keuangan atau budget terlebih dahulu. Semakin banyak budget yang dimiliki nantinya akan lebih leluasa dalam memilih material terbaik. Namun jika budget terbatas, maka Anda harus selektif dalam membelanjakan uang tersebut.
  4. Menentukan jumlah yang tepat. Mempertimbangkan jumlahnya menjadi bagian yang tak kalah penting. Semakin banyak bagian yang ingin direnovasi, otomatis membuat pengeluaran juga kian membengkak. Karena jumlah material yang harus dibeli kian banyak. Biaya renovasi kamar yang harus disiapkan besar. Untuk itu maka pastikan merincinya secara menyeluruh terlebih dahulu.
  5. Instalasi material tersebut. Tidak semua bahan atau material dapat dengan mudah dipasang atau digunakan. Semakin sulit instalasinya membuat biaya jasa yang harus ditanggung juga kian mahal. untuk itu konsumen yang harus memperbanyak informasi mengenai pemasangannya, apakah mudah atau tidak.

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya merenovasi kamar

Ada kalanya masyarakat yang memakan biaya begitu besar untuk sekedar renovasi, namun juga ada yang sebaliknya. Lalu sebenarnya apa sajakah faktor yang mempengaruhi mahal atau tidaknya biaya untuk renovasi ini? berikut yang patut diketahui, yaitu:

1. Luas area yang akan direnovasi

Meskipun bukan renovasi secara keseluruhan, namun mempertimbangkan luas tidaknya area atau bangunan yang akan dirombak ini sangatlah penting. Karena semakin luas area yang ingin direnovasi membuat biaya yang harus dikeluarkan bertambah mahal, penggunaan materialnya semakin banyak, begitu juga tenaga pengerjaan atau tukang bangunan tersebut.

2. Material yang digunakan

Material atau bahan bangunan ini termasuk komponen vital yang mempengaruhi biaya renovasi kamar. Karena semakin berkualitas maka harganya sendiri juga mahal. Tak heran jika seandainya pengeluaran bisa sangat membengkak pada saat pembelian material ini.

3. Tingkat kesulitan pengerjaan

Semua orang memiliki preferensi yang berbeda-beda terkait dengan kamar impian mereka. Ada yang sederhana, namun juga ada yang wah. Semakin wah atau bagus, apalagi untuk tingkat pengerjaannya sendiri juga sulit, secara otomatis biaya yang harus dikeluarkan untuk renovasi ini juga mahal. karena tidak dapat dikerjakan sendiri. Melainkan harus menggunakan jasa arsitek untuk eksekusinya.

4. Jumlah pekerja atau juru bangunan

Jika berbicara mengenai renovasi memang tidak membutuhkan pekerja yang terlalu banyak, seperti ketika membuat sebuah rumah baru. hanya saja jika tingkat kesulitan tinggi, maka jumlah juru bangunan yang harus digunakan juga banyak, akibatnya biaya yang harus dikeluarkan juga membengkak mahal.

5. Jasa arsitek yang dipakai

Sebenarnya opsional dimana Anda dapat memakai jasa seorang arsitek untuk menunjang renovasi tersebut, namun juga tidak. Apalagi setiap arsitek memiliki jam terbang dan tarif jasa berbeda-beda. Ini tentunya patut diperhitungkan, jika ingin menghemat budget sebenarnya tak perlu menggunakan jasa seorang arsitek. Dengan catatan renovasi yang dilakukan mudah, maka juru bangunan sudah bisa mengerti, namun jika konsepnya terlalu sulit. Mau tak mau harus menyewa jasa arsitek.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya renovasi kamar, tetap ada solusi bagi Anda yang budgetnya terbatas untuk melakukan renovasi. Seperti diantaranya menggunakan material bekas, tanpa menggunakan jasa arsitek dan memakai juru bangunan sedikit saja. Renovasi juga terasa lebih ringan jika dilakukan secara bertahap.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *