Berikut Ini Tindakan Pencegahan dan Proteksi Keamanan Cryptocurrency

Tindakan Pencegahan dan Proteksi Keamanan Cryptocurrency – Selain perlindungan keamanan dengan menyimpan cryptocurrency melalui berbagai jenis dompet di atas, ternyata masih ada beberapa perlindungan lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi aset digital ini, termasuk:

Back-up dompet Anda secara teratur

Back-up alias cadangan adalah aspek penting untuk dompet Bitcoin. Cadangkan seluruh dompet Bitcoin Anda sesering mungkin. Jika tiba-tiba komputer hang, riwayat cadangan reguler mungkin satu-satunya cara untuk mengembalikan Mata uang di dompet digital.

Pastikan untuk membuat cadangan di file dompet.dat, kemudian menyimpannya di beberapa lokasi yang aman (seperti pada USB, hard drive, dan CD). Tidak hanya itu, tetapkan kata sandi yang kuat pada file cadangan.

Perbarui Perangkat Lunak

Selalu perbarui perangkat lunak Anda. Dompet yang menggunakan perangkat lunak Bitcoin tetapi tidak diperbarui dapat menjadi sasaran empuk bagi peretas. Versi terbaru dari perangkat lunak dompet akan memiliki sistem keamanan yang lebih baik, sehingga meningkatkan keamanan Bitcoin Anda.

Jika perangkat lunak Anda diperbarui dengan perbaikan dan protokol keamanan terbaru, Anda dapat meminimalkan masalah yang mungkin timbul di masa mendatang. Jadi, selalu periksa pembaruan OS di ponsel cerdas atau komputer Anda untuk membuat penyimpanan Bitcoin lebih aman.

Aktifkan Multi-Tanda Tangan

Konsep multi-signature kini semakin populer. Sistem ini melibatkan persetujuan sejumlah orang (katakanlah 3 sampai 5) agar transaksi Bitcoin dapat dilakukan. “Punggawa” transaksi akan ditentukan sebelumnya. Jadi ketika salah satu anggota ingin membelanjakan atau mengirim Bitcoin, mereka meminta orang lain dalam grup untuk menyetujui transaksi.

Dengan demikian, metode ini secara efektif membatasi ancaman pencurian karena satu pengontrol atau server tidak dapat melakukan transaksi tanpa persetujuan anggota lain dalam grup.

See also  6 Cara/Saran Yang Sangat Berguna Dalam Berbisnis

Enkripsi dengan kata sandi yang kuat

Menjaga keamanan dompet Bitcoin Anda sangat penting karena dompet Bitcoin adalah target bernilai tinggi bagi peretas. Salah satu cara lain untuk menjaga Bitcoin tetap aman adalah dengan mengenkripsi dompet dengan kata sandi yang kuat dan memilih opsi untuk menyimpan bitcoin secara offline.

Keamanan adalah yang terpenting

Memiliki dompet yang aman itu penting dan tidak boleh diabaikan. Jika itu adalah dompet web, Anda harus selalu memeriksa apakah situs web memiliki HTTPS atau HTTP. Untuk memiliki protokol yang aman, situs web harus dimulai dengan HTTPS.

Periksa juga apakah dompet menawarkan login yang aman, menjamin kerahasiaan data, dan menawarkan otentikasi dua faktor. Hal-hal dasar seperti ini adalah poin penting yang tidak boleh anda lewatkan sebelum membuat keputusan akhir.

Selalu ingat dan catat kata sandi Bitcoin

Jika Anda tidak memiliki akses ke dompet Bitcoin Anda, Anda secara teknis tidak memiliki kendali atas Bitcoin yang tersimpan di dalamnya. Ini adalah faktor yang sangat penting ketika memilih dompet Bitcoin.

Memiliki kunci pribadi berarti Anda juga memiliki kendali atas Bitcoin. Dengan demikian, Anda dapat memindahkannya dari dalam atau keluar dari dompet kapan saja.

Transparansi

Mengetahui bagaimana penyedia dompet beroperasi dan dengan siapa mereka bertransaksi penting untuk keamanan aset Anda. Jika tidak, sulit untuk memastikan bagaimana penyedia dompet mengamankan Bitcoin Anda.

Kode adalah sumber informasi terbuka yang dapat ditinjau dan diperiksa oleh rekan sejawat untuk kerentanan. Untuk itu, pastikan kode sumber selalu diperbarui.

Pengalaman Pengguna

Pengalaman dari pengguna lain Anda dapat membuat gambaran singkat sebelum memilih dompet Bitcoin. Perhatikan apakah Dompet Mudah digunakan atau membingungkan, bagaimana tingkat keamanan dan protokol penyimpanan, dan sebagainya.

See also  Cara/Tips Untuk Memasukkan Gambar Pada Microsoft Word 2022

Mungkin dompet yang dibuat khusus untuk perangkat seluler adalah yang Anda inginkan, tetapi risiko peretasan sangat besar. Atau sebaliknya, ada dompet Bitcoin yang tingkat keamanannya hampir sempurna, namun membutuhkan perangkat terbaik dengan mesin terbaru saat ini. Dengarkan Ulasan dari pembaca lain!

Reputasi Penyedia Dompet Bitcoin

Ini adalah salah satu pertanyaan terpenting. Jika Anda ingin memastikan dompet aktif, cari dompet di forum crypto online (seperti bitcoin Reddit atau Forum Bitcoin) untuk melihat bagaimana peringkat teman-teman lain.

Jika Anda tidak dapat menemukan umpan balik tentang ini, tanyakan di forum apakah kolega Anda telah menggunakannya dan apa pengalaman mereka.

Anonimitas

Salah satu prinsip utama cryptocurrency adalah anonimitas. Oleh karena itu, hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa dompet Bitcoin memiliki fitur lengkap untuk menjaga privasi Anda.

Dengan mengikuti prinsip anonimitas, sistem pembayaran Bitcoin menjadi transparan dalam jaringan terbuka, di mana siapa pun dapat melacak dan memverifikasi transaksi. Tapi tetap saja, data pengguna penting akan dijamin privasi.

Check Also

Cara Cek Penerima BLT UMKM 2022 Secara Online 2022

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang mengklik link ke eform.bri.co.id untuk mendapatkan BLT UMKM-BPUM 2022. Perhatikan untuk mendapatkan BLT, akan kita bahas secara detail. Untuk sekarang cek daftar penerima BLT BMKM bisa dilihat di halaman referensi eform.bri.co.id BLT 2022 dan banpresbpum.id akan kami perkenalkan penjelasannya, sampai selesai. Jika dalam nama tersebut terdapat penerima [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.