Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Bagian-Bagian dalam Rumah
Bagian Dalam Rumah, Rumah

Bagian-Bagian dalam Rumah 

Bagian-Bagian dalam rumah – Setelah memiliki hunian yang akan ditempati, mengisinya dengan berbagai perabotan menjadi salah satu hal yang perlu dipikirkan. Karena tidak mungkin di tiap bagian-bagian dalam rumah dibiarkan kosong tanpa adanya suatu furniture atau perabotan yang menempati. Adanya furniture di dalam rumah memiliki fungsi sebagai pendukung fungsi dan kenyamanan rumah. Selain itu, juga bisa berperan untuk menambah nilai estetika pada rumah itu sendiri.

Jika menuruti keinginan, tentu banyak sekali perabotan yang ingin dibeli agar isi rumah semakin lengkap dan menarik. Namun, ada baiknya mendahulukan untuk membeli perabotan yang memang terbilang wajib terlebih dahulu. Sisanya baru dipikirkan nanti saat sudah memungkinkan, terutama dari segi finansial.

Bagi pasangan yang baru menikah dan menempati rumah baru, memilih perabotan yang tepat untuk melengkapi hunian yang akan ditempati mungkin menjadi persoalan yang masih baru. Beberapa mungkin berpendapat kegiatan ini cukup merepotkan dan membingungkan.

6 Bagian-Bagian Dalam Rumah

Namun tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa pedoman untuk perabotan atau furniture rumah tangga apa saja yang wajib Anda miliki di bagian-bagian dalam rumah, antara lain:

1. Ruang tamu

Pada setiap rumah, ruangan yang satu ini hampir selalu ada. Ruang tamu umumnya menempati bagian dalam rumah dan akan terlihat pertama kali ketika ada tamu yang berkunjung. Sehingga demi kenyamanan tamu dan juga si pemilik rumah, ada beberapa furniture yang perlu diletakkan di ruang tamu adalah meja dan kursi.

Adanya perabotan meja dan kursi berfungsi untuk menerima tamu agar bisa lebih nyaman ketika berbincang dengan duduk-duduk. Kemudian meja berfungsi untuk tempat meletakkan minuman dan makanan yang disuguhkan untuk tamu. Anda bisa memilih meja kursi tamu yang sesuai dengan selera. Pastikan meja kursi yang dipilih memang benar-benar bisa membuat tamu menjadi nyaman ketika berkunjung, terutama dari segi bahan dan kenyamanan ketika digunakan.

2. Ruang keluarga

bagian-bagian dalam rumah

Pada beberapa rumah ada yang di bagian-bagian dalam rumah memiliki ruang keluarga. Ruang satu ini berfungsi sebagai tempat dimana anggota keluarga bisa berkumpul menghabiskan waktu bersama, baik itu untuk sekedar berbincang-bincang, menonton televisi, ataupun untuk sekedar duduk santai. Agar ruang keluarga bisa lebih nyaman dan menyenangkan, Anda perlu menempatkan perabotan rumah yang bisa mendukung, seperti:

  • Sofa.
    Duduk santai di sofa sambil menikmati sajian televisi pastinya menjadi kegiatan yang menyenangkan bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Anda bisa memilih sofa dengan bahan yang lembut dan empuk sehingga membuat Anda dan anggota keluarga yang lain betah untuk lama-lama menggunakannya. Selain itu, sebaiknya pilih sofa yang berbahan awet dan mudah untuk dibersihkan, mengingat ruang keluarga akan lebih sering digunakan. Sehingga pastinya sofa yang ditaruh di ruangan tersebut akan lebih sering digunakan.
  • Televisi.
    Peralatan elektronik yang satu ini sangat berguna sebagai sarana hiburan bagi Anda dan anggota keluarga ketika berada di ruang keluarga. Menonton televisi bersama dengan keluarga akan menambah hubungan kekeluargaan semakin erat. Maka dari itu, jangan sampai melupakan benda yang satu ini untuk mengisi bagian ruang keluarga Anda.
  • Karpet.
    Selain sofa, adanya karpet juga bisa menjadi tempat duduk terbaik yang bisa digunakan ketika menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di ruang keluarga. Anda bisa memilih karpet yang nyaman untuk ditempati, sekaligus mudah dibersihkan. Untuk menambah nilai estetika pada ruangan, Anda bisa memilih karpet yang sesuai dengan tema ruangan.
  • Kipas angin.
    Ketika musim kemarau tiba, hampir setiap hari cuaca dan suhu udara terasa panas. Sehingga pada ruang keluarga perlu ada peralatan yang satu ini. Tujuannya agar ketika bersantai di ruang keluarga bersama dengan anggota keluarga yang lain menjadi lebih nyaman dengan udara sejuk yang mengalir dari kipas angina.

3. Kamar tidur

Klik Untuk Informasi Kamar Tidur Minimalis

Bagian-bagian dalam rumah yang pasti selalu ada adalah kamar tidur. Karena di ruangan inilah, pemilik rumah bisa beristirahat dengan nyaman dan pribadi. Tidur yang cukup dan berkualitas akan sangat membantu Anda tampil segar kembali setelah lelah beraktivitas seharian. Untuk mendukung fungsi kamar tidur, ada perabotan yang perlu dimiliki dan wajib ada yaitu tempat tidur.

Tempat tidur yang nyaman tidak akan lengkap tanpa adanya kasur, bantal, seprei, dan guling. Selain itu, Anda juga perlu memiliki perabotan lainnya yang tidak kalah penting, yaitu lemari pakaian. Lemari pakaian ini berfungsi untuk menampung semua pakaian dan peralatan pribadi yang dimiliki, bahkan dokumen-dokumen penting. Bagi para wanita, tentunya berhias menjadi kegiatan sehari-hari agar bisa lebih tampil percaya diri. Maka dari itu, menambahkan perabotan berupa meja hias juga tidak ada salahnya dengan dilengkapi juga dengan kaca untuk berhias.

Namun, jika ruangan Anda terbilang memiliki ukuran yang minimalis, Anda bisa mensiasatinya dengan cukup menempatkan tempat tidur beserta kelengkapannya dan lemari dengan kaca untuk berhias di bagian luar.

4. Dapur

Klik Untuk Informasi Dapur Minimalis

bagian-bagian dalam rumah dapur

Dapur menjadi salah satu ruangan di bagian-bagian dalam rumah yang pasti selalu ada. Adanya dapur sangat berguna bagi ibu-ibu rumah tangga dalam menyiapkan berbagai makanan dan minuman yang akan dikonsumsi keluarga. Tanpa adanya peralatan dapur yang memadai, tentunya kegiatan memasak akan menjadi sangat terhambat. Adapun beberapa peralatan wajib yang harus dimiliki untuk pengisi ruangan dapur Anda, antara lain:

  • Kompor.
    Hampir setiap dapur memiliki peralatan yang satu ini untuk membantu dalam proses memasak sehari-hari. Anda bisa memilih jenis kompor yang sesuai dengan kebutuhan dan desain dari dapur Anda, mulai dari kompor listrik, kompor gas, kompor portable, kompor induksi, dll.
  • Alat penanak nasi.
    Mengingat makanan pokok sehari-hari orang Indonesia adalah nasi, maka memiliki peralatan memasak nasi akan sangat diperlukan dan wajib ada di dapur Anda. Anda bisa memilih alat penanak nasi yang juga bisa berfungsi untuk menghangatkan nasi. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan alat penanak nasi yang juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membuat bubur atau pengukus.
  • Berbagai peralatan memasak,
    seperti penggorengan, panci, pisau, dll.
    Selain adanya kompor, berbagai peralatan memasak sangat diperlukan untuk mengolah bahan makan yang akan dibuat. Beberapa peralatan yang terbilang wajib harus ada, antara lain penggorengan, panci, pisau, talenan, dll.
  • Berbagai peralatan makan,
    seperti piring, mangkuk, gelas, sendok, dll.
    Setelah selesai memasak, perlu beberapa peralatan yang bsia digunakan untuk menyajikan dan menyantap hidangan. Berbagai peralatan, seperti piring, mangkuk, gelas, sendok, dll akan sangat diperlukan dan wajib untuk dimiliki. Pilih peralatan makan yang sudah disebutkan tersebut dengan desain dan warna-warni yang menarik agar kegiatan makan dengan anggota keluarga yang lain terasa lebih menyenangkan.
  • Kulkas.
    Berfungsi untuk menyimpan berbagai bahan makan agar tetap dalam kondisi segar dan tidak mudah membusuk. Anda bisa memilih kulkas dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, pilih kulkas yang memiliki susunan rak yang fleksibel agar memudahkan Anda dalam mengatur isi di dalamnya sesuai dengan keinginan.

5. Kamar mandi

Klik untuk informasi Kamar Mandi

kamar mandi minimalis warna hitam

Untuk membersihkan tubuh setelah beraktivitas yang membuat berkeringat atau kotor, tentunya mandi menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Itulah mengapa di tiap bagian-bagian dalam rumah selalu memiliki kamar mandi. Berbagai peralatan mandi perlu dimiliki untuk kebutuhan ini, seperti gayung, tempat sabun, sabun, pasta gigi, shampoo, handuk, ember, dll. Selain itu, Anda juga perlu memiliki peralatan untuk membersihkan kamar mandi minimalis, seperti sikat dan pembersih lantai.

  • Laundry.
    Bagian-bagian dalam rumah lainnya yang juga pasti ada adalah tempat laundry. Dimana sering digunakan untuk mengurus pakaian kotor maupun pakaian yang sudah kering setelah selesai dicuci. Untuk peralatan yang perlu dimiliki di ruangan laundry
  • Mesin cuci.
    Untuk mempermudah dalam mencuci pakaian kotor, Anda bisa memiliki mesin cuci dan menempatkannya di ruangan laundry yang dimiliki. Saat ini mesin cuci yang dijual di pasaran terbilang sudah memiliki fitur yang lengkap, sehingga kegiatan mencuci bisa lebih mudah dan juga praktis. Kapasitas tiap-tiap mesin cuci sangat berbeda-beda, sehingga sebaiknya Anda memilih peralatan yang satu ini sesuai dengan kebutuhan mencuci pakaian Anda dan anggota keluarga yang lain.
  • Setrika.
    Kegiatan menyetrika pakaian setelah selesai dicuci dan kering menjadi kegiatan melaundry selanjutnya yang harus dilakukan. Menyetrika bertujuan untuk merapikan pakaian agar tidak nampak kusut ketika dipakai. Di pasaran banyak dijual produk setrika dengan berbagai jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu ada setrika kering dan setrika uap. Untuk setrika uap bisa digunakan sebagai setrika kering, namun tidak berlaku sebaliknya untuk setrika kering. Anda bisa mempertimbangkan salah satu jenis setrika mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Nah, itu tadi beberapa furniture maupun peralatan yang harus Anda miliki sebagai pengisi bagian-bagian dalam rumah Anda, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga tempat laundry. Untuk berbagai perabotan rumah tangga, pastikan Anda membeli dengan menyesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran ruangan yang akan ditempati. Jika ruangan Anda berukuran minimalis, maka Anda juga harus menyesuaikan perabotan yang dibeli dengan perabotan dengan ukuran yang minimalis. Selain juga harus mempertimbangkan dari segi kenyamanan dan estetika jika digunakan pada ruangan Anda.

Kesimpulan

Dan yang tak kalah pentingnya lagi, dalam memilih perabotan sebaiknya lebih teliti. Mengingat perabotan yang berkualitas tentunya jauh lebih awet digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Maka dari itu, perhatikan bahan pembuatnya terlebih dahulu. Pilih bahan yang kuat dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu terlalu sering mengeluarkan uang untuk membeli produk yang baru. Sementara untuk peralatan dapur, sebaiknya pilih produk dengan bahan yang aman digunakan dan tidak mudah terkelupas.

Untuk beberapa peralatan elektronik yang menempati bagian-bagian dalam rumah Anda, sebaiknya pilih yang lebih efisien. Sebagai contoh untuk kulkas, setrika, kipas angina, dll, sebaiknya pilih yang mendukung untuk penggunaan daya listrik yang lebih sedikit. Sehingga peralatan elektronik tersebut selain bisa menunjang kebutuhan Anda sehari-hari, juga bisa dijadikan partner untuk hidup yang lebih hemat. Maka dari itu, saat membeli produk tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu agar mendapatkan produk yang mendukung untuk lebih efisien.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *