7 Desain & Denah Rumah Type 36 Sederhana Minimalis

Jika disinggung ukuran dan wilayahnya, ada beberapa macam rumah yang biasa ada di Indonesia. Biasanya ukuran rumah dapat diketahui melalui jenis-jenis yang ditulis dengan angka, seperti rumah jenis 60 misalnya. Di antara banyak jenis, rumah tipe 36 seolah-olah yang paling dicari.
Meski sebenarnya ada juga rumah tipe 21 yang lebih sederhana atau rumah tipe 45 yang sedikit lebih besar. Pada umumnya, rumah tipe 36 ini banyak diminati oleh kalangan pekerja atau orang-orang yang sangat suka tinggal di rumah dengan denah yang kecil. Rumah tipe 36 ini semakin diisolasi menjadi dua ukuran, yaitu rumah tipe 36/60 dan rumah tipe 36/70. Gambar 36 menunjukkan bahwa luas rumah adalah 6 × 6 = 36 m². Sedangkan angka 60 dan 70 mengacu pada penggunaan lahan di sekitar kawasan rumah.
Sebagian besar orang merasa bahwa ukuran 36 m² sebenarnya cukup cocok untuk sebuah keluarga kecil untuk ditinggali, karena biasanya dapat memuat dua kamar. Selain itu, harga rumah sejenis 36 juga cukup masuk akal untuk kantong kelas pekerja. Meskipun tidak terlalu luas, Anda dapat membangkitkan semacam rumah 36 seperti kastil penguasa yang mewah.Memang, triknya adalah dengan mengubah denah rumah tipe 36 yang langsung berhubungan dengan denah rumah tipe 36 itu sendiri. Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan rumah cantik sederhana, simak dulu beberapa inspirasi denah rumah sederhana dan boros jenis 36 dari Hipwee Tips berikut ini.

1. Desain denah rumah type 36 satu lantai

Untuk mendapatkan kesan rumah yang lebih lapang, kamu bisa menggabungkan area ruang tamu dengan ruang keluarga atau bahkan dapur. Nantinya, kamar tidur bisa dibuat di rumah bagian depan, sedang satunya dekat dengan dapur.

See also  Cara/Tips Daftar Mobile Banking BNI termudah,Berikut ini caranya!

Biar gampang, kamar mandinya bisa kamu letakkan di antara kedua kamar tidur, ya! Desain yang sederhana ini bisa diaplikasikan pada rumah KPR-mu nanti.

2 Aplikasikan desain 2 lantai untuk hunian mungilmu

Jika kamu mau menjaga privasi, aturlah lantai desain rumah type 36 jadi dua bagian. Misalnya, lantai atas khusus keluarga dan lantai bawah untuk tamu. Di lantai atas, kamu bisa membuat tiga kamar tidur dan dua kamar mandi sekaligus asal ukurannya nggak begitu besar.

Untuk lantai bawah, bisa kamu maksimalkan dengan membiarkan ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga jadi satu bagian utuh. Nggak perlu sekat, toh nggak ada hal-hal yang sifatnya pribadi banget kan di ruang-ruang tersebut.

3. Desain rumah type 36 1 kamar tidur

Karena hanya butuh satu kamar saja, masing-masing ruangan bisa dibuat lebih luas. Bahkan kamu bisa membuat kamar mandi dengan model bathub serta mendesain dapur dan ruang makan layaknya bar. Meski begitu, baiknya jangan menggunakan terlalu banyak perabot agar kamar tidurmu lebih lapang dan nggak sumpek.

4. Desain rumah type 36 dengan 2 kamar

Misalnya dengan membuat taman kecil di sekitar teras atau taman semi outdoor di sudut belakang rumah. Buatlah sekat tepat di belakang kursi ruang tamu kalau kamu sangat peduli dengan privasi.

Mau rumah type 36 dengan desain yang lebih sehat? Mending kamar mandinya dibuat jauh dari dapur agar kuman di dalamnya nggak mengontaminasi bahan masakan.

5. Rumah type 36 dengan desain minimalis

Sebenarnya, penataan ruangnya hampir sama dengan rumah type 36 lainnya. Tapi di sini, kamu dianjurkan untuk tak memakai banyak barang di dalam rumah. Apalagi jika barang-barang tersebut warnanya cukup kontras.

See also  Tips/Cara Untuk Beli Mobil di Pameran Mobil Biar Gak Rugi

Pada rumah minimalis ini, kamu bisa membuat taman kecil semi outdoor yang terhubung langsung ke dapur dan kamar tidur. Penggunaan pintu geser dinilai lebih tepat untuk hunian tipe ini karena bisa memperluas ruang gerak.

Untuk ruang makan dan menjamu tamu, kamu bisa memaksimalkan area depan. Nah, biar kelihatan ada sekat antara ruang, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan furnitur atau karpet yang coraknya berbeda.

6. Desain rumah type 36 yang di dalamnya ada mushola

Jangan salah, meski rumahmu nggak begitu luas, musala tetap bisa kamu sediakan dalam satu ruangan sendiri. Letaknya bisa di antara dapur dan toilet keluarga. Ukuran musala nggak perlu terlalu besar kok, asal tetap nyaman digunakan untuk beribadah seluruh anggota keluarga. Kamu bisa buat musala berukuran 2 × 2 meter sebagai desain yang tepat untuk rumah type 36 ini.

7. Dapur terbuka untuk mendapatkan kesan hunian yang lebih mewah

Rumah type 36 dengan desain mewah bisa kamu ciptakan dengan membuat dapur terbuka di dalamnya. Nggak harus mengorbankan satu ruangan demi mengadakan dapur terbuka ini, kamu bisa kok memanfaatkan taman semi indoor di belakang rumahmu.

Sekalipun konsepnya dapur terbuka, kamu tetap perlu menyiapkan ruang makan yang dekat dengannya. Biar nggak repot saat menata makanan dan kamu pun nggak perlu repot berjalan agak jauh karena dapur dan ruang makan yang berjarak.

Check Also

Cara Untuk Trading di Indodax Agar Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.