5 Alasan Bagus Untuk Menambahkan Buah Naga Saat Anda Sedang Diet

Buah naga, juga dikenal sebagai pitahaya atau strawberry pear, adalah buah tropis yang dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis dan berbintik-bintik.

Tampilan yang unik dan kekuatan superfood diakui telah membuatnya populer di kalangan foodies dan sadar kesehatan.

Untungnya, Anda tidak harus tinggal di daerah tropis untuk menikmati banyak manfaat buah naga. Bahkan, Anda dapat menemukannya segar atau beku di supermarket di seluruh dunia.

Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dari buah naga, semua berdasarkan bukti

1. Tinggi Nutrisi

Buah naga rendah kalori tetapi dikemas dengan vitamin dan mineral penting. Ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan.

Berikut adalah ikhtisar nutrisi utama dalam porsi satu cangkir (227 gram) (1Trusted Source, 2):

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 g
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% dari RDI
  • Magnesium: 18% dari RDI
  • Vitamin C: 9% dari RDI
  • Vitamin E: 4% dari RDI

Di luar nutrisi penting, buah naga memasok senyawa tanaman yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid dan betacyanins (3trusted Source).

Ringkasan
Buah naga rendah kalori tetapi kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid dan betacyanin.

2. Dapat Membantu Melawan Penyakit Kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan arthritis (4).

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk (5trusted Source):

  • Vitamin C: studi observasional telah menemukan korelasi antara asupan vitamin C dan risiko kanker. Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 120.852 orang mengaitkan asupan vitamin C yang lebih tinggi dengan tingkat kanker kepala dan leher yang lebih rendah (6).
  • Betalains: studi tabung menunjukkan betalains dapat memerangi stres oksidatif dan mungkin memiliki kemampuan untuk menekan sel kanker (7trusted Source).
  • Karotenoid: Beta-karoten dan Likopen adalah pigmen tumbuhan yang memberi warna cerah pada buah naga. Diet kaya karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung (8trusted Source, 9trusted Source, 10trusted Source).
  • Yang penting, antioksidan bekerja paling baik bila dimakan secara alami dalam makanan, bukan dalam bentuk pil atau sebagai suplemen. Faktanya, suplemen antioksidan mungkin memiliki efek berbahaya, dan meminumnya tanpa pengawasan medis tidak dianjurkan (11Trusted Source, 12trusted Source).
See also  7 Tips/Cara Untuk Utama Dalam Pemasaran Media Sosial 2022

Di sisi lain, buah naga sangat direkomendasikan.

Ringkasan

Buah naga mengandung antioksidan vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain. Studi telah menghubungkan diet tinggi antioksidan dengan penurunan risiko penyakit kronis.

HEALTHLINE NEWSLETTER
Dapatkan tips kesehatan untuk membantu Anda memenuhi tonggak berikutnya
Siap untuk naik level hidup sehat? Pergi mil ekstra dan melengkapi langkah-langkah Anda sudah mengambil dengan berita terbaru dan alat-alat populer di newsletter kawat Kesehatan dua kali seminggu kami.

3. Sarat Dengan Serat

Serat makanan adalah karbohidrat nondigestible yang membanggakan daftar luas manfaat kesehatan potensial.

Otoritas kesehatan merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Seperti antioksidan, suplemen serat tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan serat dari makanan (13Trusted Source, 14trusted Source).

Dengan 7 gram per porsi satu cangkir, buah naga adalah sumber makanan utuh yang sangat baik (1).

Meskipun serat mungkin paling terkenal karena perannya dalam pencernaan, penelitian telah menyarankan itu mungkin juga memainkan peran dalam melindungi terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan yang sehat (13Trusted Source, 15trusted Source, 16trusted Source).

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, beberapa studi observasional menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat melindungi terhadap kanker usus besar (17Trusted Source, 18trusted Source, 19trusted Source).

Meskipun tidak ada penelitian yang menghubungkan buah naga dengan kondisi ini, kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu Anda memenuhi nilai harian yang direkomendasikan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa diet tinggi serat dapat memiliki kelemahan, terutama jika Anda terbiasa dengan diet rendah serat. Untuk menghindari ketidaknyamanan perut, tingkatkan asupan serat makanan Anda secara bertahap dan minum banyak cairan.

See also  Bagaimana Cara Untuk menjadi Investor Yang Sangat sukses ?

Ringkasan

Buah Naga menawarkan 7 gram serat per porsi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

4. Mempromosikan usus yang sehat

Usus Anda adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri(20).

Banyak peneliti percaya komunitas mikroorganisme ini dapat memengaruhi kesehatan Anda. Penelitian pada manusia dan hewan telah menghubungkan ketidakseimbangan dalam usus Anda dengan kondisi seperti asma dan penyakit jantung (21).

Mengingat bahwa buah naga mengandung prebiotik, itu berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus anda (22).

Prebiotik adalah jenis serat tertentu yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda.

Seperti semua serat, usus Anda tidak dapat memecahnya. Namun, bakteri di usus Anda dapat mencernanya. Mereka menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan, dan Anda menuai keuntungan.

Secara khusus, buah naga terutama mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat: bakteri asam laktat dan bifidobacteria (22, 23, 24).

Secara teratur mengkonsumsi prebiotik dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Ini karena prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik, yang diyakini para peneliti dapat mengalahkan yang buruk (13Trusted Source, 25trusted Source).

Sebagai contoh, sebuah penelitian pada pelancong menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi prebiotik sebelum dan selama perjalanan mengalami episode diare pelancong yang lebih sedikit dan kurang parah (13).

Beberapa penelitian juga menunjukkan prebiotik dapat meredakan gejala penyakit radang usus dan kanker usus besar. Sayangnya, temuan ini tidak konsisten (13Trusted Source, 25trusted Source).

Sementara banyak penelitian tentang prebiotik menguntungkan, penelitian tentang aktivitas prebiotik buah naga terbatas pada studi tabung reaksi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek sebenarnya pada usus manusia.

See also  8 Ide Pemasaran Digital Untuk Fashion Di Tahun 2022

Ringkasan

Buah naga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus, yang berhubungan dengan saluran pencernaan yang sehat.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas diet Anda.

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih Anda dari kerusakan (26Trusted Source, 27trusted Source).

Sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh Anda menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas (26trusted Source, 27trusted Source).

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih Anda dari bahaya.

Ringkasan
Pasokan vitamin C dan karotenoid buah naga yang tinggi dapat menawarkan sifat meningkatkan kekebalan tubuh.

Check Also

Cara Untuk Trading di Indodax Agar Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.